Gema Shalawat Bergemuruh di MAN 1 Kulon Progo

Kulon Progo (MAN1KP) – Gema lantunan Shalawat Nabi Muhammad SAW bergemuruh di langit MAN 1 Kulon Progo. Hal tersebut terjadi pada acara MAN 1 KULON PROGO BERSHOLAWAT dalam rangka Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Jum’at (7/10/2022).

Kegiatan MAN 1 Kulon Progo Bershlawat tersebut digelar di Masjid Al-Huda madrasah setempat. Dengan diawali lantunan shalawat, pembukaan, pembacaan Kalam Ilahi dan sari tilawahnya, sambutan Kepala Madrasah, Pembacaan Diba dan Gema Shalawat, Pengajian Hikmah Maulid Nabi oleh K. H. Mustafid Enukhad, S.Ag., M.S.I., dan diakhiri dengan menunaikan ibadah Shalat Jum’at.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh peserta didik didampingi guru dan pegawai. Gema Shalawat Nabi dilantunkan oleh Group Hadroh Syubbanul Kirom MAN 1 Kulon Progo yang dipimpin Muhammad Aflah Baihaqi, siswa Kelas XII IIK, dengan guru pembimbing Muhammad Safruddin, S.Pd. tersebut tampil memukau dan membuat bangga keluarga besar madrasah.

MAN 1 Bershalawat semakin hidmat dan syahdu dengan diiringi Tari Sufi karya Jalaluddin Rumi. Bahkan pada saat Mahallaul Qiyam atau Syrokal, beberapa guru dan siswa sempat “menangis” menitikkan air mata begitu terharunya.

Dalam mauidhah hikmah maulid, K. H. Mustafid mengupas tugas dan fungsi diutusnya Nabi Muhammad SAW. “Rasululullah SAW diutus dengan tugas utama menyempurnakan budi pekerti (akhlak). Dan fungsi beliau adalah Rahmatan lil ‘Alamin. Yaitu menjadi rahmat bagi seluruh alam,” ujarnya.
“Mari kita semua mengedepankan akhlak dan sopan santun. Jangan mudah menyalahkan orang atau pihak lain. Apalagi sesuatu yang kita sendiri belum tahu hakekatnya,” ajak Mustfid.

Sementara itu Kepala MAN 1 Kulon Progo Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd. dalam sambutannya menyampaikan pesan dan ajakan kepada seluruh keluarga besar madrasah agar menauladani dan mencintai Rasulullah SAW, dengan memperbanyak bershalawat kepadanya.
“Buktikan cinta kalian kepada Rasulullah SAW dengan membaca dan melantunkan  shalawat. Minimal Shalawat Jibril yang lafalnya pendek. Usahakan minimal 100 kali tiap harinya. Insya Allah kalian akan jadi orang sukses,” ajaknya. (khd/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *