Hari Santri, Kakan Wahib Jamil: Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan

Kulon Progo (Kankemenag) – Seluruh bangsa Indonesia terutama kalangan pesantren tengah memperingati Hari Santri Nasional. Tema yang diambil pada peringatan tahun 2022 ini adalah Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan. Kepala Kankemenag Kulon Progo, H.M. Wahib Jamil, S.Ag. M.Pd. menyampaikan hal itu di sela-sela menghadiri Upacara Hari Santri Nasional yang berlangsung di Halaman Pemda setempat, Sabtu (22/10/2022) pagi.

“Hari ini kita bersama memperingati Hari Santri Nasional. Peringatan ini merujuk pada tercetusnya Resolusi Jihad yang melahirkan peristiwa heroik di Surabaya, yang kemudian diperingati sebagai Hari Pahlawan. Tema yang diambil pada peringatan tahun ini adalah Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan,” ujarnya.

“Dengan tema tersebut santri selalu siap sedia mengawal setiap perjuangan bangsa Indonesia. Setiap kali Ibu Pertiwi memanggil, santri tidak pernah menolaknya. Sejarah telah membuktikan peran aktif kaum santri dalam memperjuangkan, mempertahankan, dan mengisi kemerdekan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” imbuh Kakan.

“Hal ini juga sejalan dengan program prioritas Kemenag yaitu moderasi beragama. Di mana salah satu indikator moderasi beragama adalah komitmen kebangsaan. Kaum santri telah membuktikan hal itu sejak dulu. Maka momentum Hari Santri Nasional ini diharapkan mampu memperkuat moderasi beragama dan menjaga keutuhan NKRI,” pungkas Jamil. (abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *