Jum’at Sehat, RA Masyithoh Wonobroto Jelajah Lingkungan Sekolah

Kulon Progo (RAM Wnb) – Kegiatan puncak tema binatang menjadi salah satu rangkaian kegiatan Jum’at Sehat. Selain itu juga menggelar upacara dalam rangka Hari Sumpah Pemuda. Hal ini diungkapkan Kepala RA Masyithoh Wonobroto, Rina Sulistyani, S.Pd.I di sela-sela kegiatan Jum’at (28/10/2022).

“Hari ini kami melakukan upacara dalam rangka Hari Sumpah Pemuda. Kemudian, anak-anak diajak jalan-jalan,” ungkap Rina.

Kegiatan rutin senam setiap Jumat, hari ini diganti jalan sehat sekaligus mengagendakan kegiatan puncak tema binatang. “Kegiatan rutin Jum’at biasanya senam, kali ini diganti jalan sehat sekaligus sebagai kegiatan puncak tema binatang berkunjung ke rumah warga yang memelihara ikan koi dan burung,” lanjut Rina.

Rute perjalanan ditempuh sekitar 500 meter. Anak-anak bergembira karena kegiatan berada di luar ruangan. Melewati kandang sapi dan lapangan yang ada kambingnya. Sampai di rumah Nastiti, warga yang memelihara ikan koi, menyambut baik kedatangan guru dan siswa RA.

Siswa diberi kesempatan memberikan makan ikan berupa pelet. Setelah itu, Nastiti memberikan susu kotak kepada anak-anak. “Terima kasih, Bu,” ucap anak-anak serempak.

Berikutnya, melanjutkan perjalanan ke rumah Ruyono, warga yang memelihara burung. Guru dan siswa RA disambut Kamijem, ibu dari Ruyono. Kamijem merasa senang ada anak-anak yang mau bermain. Selain itu, dirinya mengungkapkan bahwa dulu burung yang dipelihara banyak, tapi beberapa sudah mati. “Beberapa burung sudah mati, ada yang dimakan kucing,” tutur Kamijem.

Menurut salah seorang guru RA Masyithoh Wonobroto, Nur Rokhmi bahwa Jum’at sehat kali ini memberikan pengalaman berbeda kepada siswa. Meski dengan nol budget tetap bisa melaksanakan puncak tema yang menyenangkan untuk anak. “Pelaksanaan puncak tema hemat, tetapi anak-anak tetap semangat dan mendapat pengalaman lain,” ucap Nur. (nrh/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *