Nayla Oktavia Ramadhani MAN 2 Kulon Progo, Raih Juara 1 KTI Sejarah Dinas Kebudayaan DIY

Kulon Progo (MAN 2 KP) – Nayla Octavia Ramadhani, peserta didik MAN 2 Kulon Progo meraih juara pertama Karya Tulis Ilmiah Sejarah (KTIS) yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Daerah Istimewa Yogyakarta. Ia berhasil mengalahkan  peserta lain yang berjumlah 80 siswa, dari 40 SMA/SMK/MA se-DIY.

‘Pentingnya Peranan Perempuan di Balik Serangan Umum 1 Maret 1949 di Yogyakarta terhadap Keberlangsungan Negara Bernama Indonesia yang dapat Dijadikan sebagai Pendidikan Perubahan bagi Generasi Penerus Bangsa dengan Metode PAPAGOLE’, adalah judul KTIS-nya. Ia memilih judul tersebut karena ingin menunjukkan bahwa sejarah tidak selalu menitikberatkan pada laki-laki. “Banyak wanita yang menjadi pelaku sejarah,” tegasnya.

Motivasi Nayla Octavia Ramadhani mengikuti acara tersebut adalah untuk meningkatkan bakat public speaking, menambah wawasan kesejarahan dan bersahabat dengan para peserta dari sekolah atau madrasah lain. Penulisan KTIS ini sebagai salah satu syarat untuk mengikuti kegiatan Dialog dan Jelajah Sejarah 2022 di Grand Inna Malioboro Yogyakarta, yang berlangsung (8 s.d. 10 /11/2022) lalu.

Agenda utama kegiatan tersebut berupa Dialog Sejarah pada hari pertama; jelajah pos yang memiliki nilai sejarah dan presentasi KTIS, serta mengunjungi Museum Sonobudoyo pada hari yang kedua; dan pada hari ketiga peserta mengikuti Jelalah Sejarah ke Monumen Bibis di Bantul dan Museum PC-2 AURI di Playen Gunung Kidul.

Nayla mengungkapkan rasa bahagia atas raihannya ini dan mengucapkan terima kasih atas doa restu dan dukungan para guru dan teman-temannya. Ia berpesan, agar  selalu menggunakan kesempatan yang mungkin tidak datang dua kali dan tidak mudah menyerah untuk meraih semua impian.

Atas raihan ini ini, Kepala MAN 2 Kulon Progo, Hartiningsih, M.Pd. mengucapkan selamat dan terima kasih kepada Nayla. Ia menyatakan bahwa Nayla sudah mengharumkan nama madrasah dan kabupaten yang diwakilinya, Kulon Progo. “Nayla sudah menunjukkan kepada teman-temannya bahwa menggunakan kesempatan yang diamanahkan kepadanya dan usaha yang sungguh-sungguh adalah bagian dari meraih keberhasilan.”(giant/ast/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *