Pertemuan DWP Kankemenag Kulon Progo, Tiga Ciri Istri Shalihah

Kulon Progo (DWP) – Kunci kebahagiaan dalam keluarga adalah istri yang shalihah. Setidaknya ada tiga ciri istri shalihah yang akan membawa kebahagiaan dalam keluarga. Pengawas Madrasah Kankemenag Kulon Progo, Drs. H.R. Abdul Hamid Tarwaca, M.S.I, menyampaikan hal itu dalam ceramahnya pada Pertemuan Rutin Dharma Wanita Persatuan (DWP) yang berlangsung di Aula KUA Samigaluh, Kamis (23/2/2023).

“Salah satu kunci kebahagiaan dalam rumah tangga atau keluarga itu adalah istri yang shalihah. Ada tiga ciri istri shalilah yang menjadi kunci kebahagiaan keluarga. Tiga ciri tersebut antara lain: Mugeng, Rigen, dan Tageng,” ujarnya.

“Mugeng adalah istri sebagai madrasah awal bagi putra-putrinya. Seorang wanita atau perempuan ibaratnya bisa mendidik lebih dari 1 generasi. Kemudian Rigen adalah telaten atau terampil. Seorang wanita harus bisa mengatur managemen dalam keluarga,” imbuh Tarwaca.

“Sedang Tageng atau stagent (stageng). Seorang wanita harus bisa kenceng atau kuat dalam mendidik anak-anak agar menjadi patuh. Seorang wanita juga harus mampu mendidik akhlak keluarga dan membimbing beribadàh yang benar,” terangnya.

“Selain itu istri yang shalihah sebagai kunci kebahagiaan dalam keluarga juga harus taat pada suami. Tentunya taat dalam hal-hal yang dibenarkan oleh aturan agama,” pungkas Tarwaca.

Sementara itu Ketua DWP Kankemenag Kulon Progo, Hj. Atieck Wahib Jamil mengungkapkan bahwa selain diisi pengajian, dalam pertemuan tersebut juga peserta belajar cara membuat keripik kelapa yang disampaikan oleh salah satu pelaku UMKM dari Kapanewon Samigaluh. “Selain pengajian, peserta pertemuan DWP diajak belajar membuat keripik kelapa. Ini tentunya menjadi pengalaman baru bagi semua peserta,” tuturnya.

Mengakhiri kegiatan siang itu peserta pertemuan DWP mengumpulkan infak kemudian diserahkan kepada Ketua DWP KUA Samigaluh, Zahro Satibi. “Kami mohon dana infak yang terkumpul dari pertemuan tersebut untuk disampaikan kepada anak yatim di sekitar Kua Samigaluh. Semoga setiap pertemuan DWP bisa memberikan manfaat untuk kita semua,” harap Atieck. (abi).

Tetap sehat dan semangat

#No Korupsi

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *