Haji Ramah Lansia Diapresiasi Jamaah Turki

Makkah (Kankemenag KP) – Penyelenggaraan ibadah haji tahun 2023 dari Indonesia menerapkan Haji Ramah Lansia. Penanganan petugas haji terhadap jamaah lansia tersebut mendapatkan apresiasi jamaah haji lansia asal Turki. Ketua Kloter 49 SOC, Mulyono, S.H.I. M.S.I. menyampaikan hal itu kepada Jurnalis Kankemenag Kulon Progo, Kamis (22/6/2023) siang.

“Penyelenggaraan ibadah haji tahun 2023 ini dari Indonesia menerapkan Haji Ramah Lansia. Penanganan petugas haji terhadap lansia untuk jamaah haji Indonesia di apresiasi jamaah haji lansia warga Turki,” ujarnya.

“Ada hal menarik, ketika kita mengajak jalan-jalan jamaah lansia sebagai shok terapi meningkatkan semangat dan menghilangkan kejenuhan mereka dengan tidak mengurangi esensi dari pelaksanaan ibadah haji. Lalu kami serombongan dihampiri jamaah haji lansia warga Turki yang melihat dan terkesan terhadap pelayanan jamaah haji lansia asal Indonesia. Hal tersebut tidak didapatkan di negaranya sebagaimana yang dilakukan petugas haji Indonesia, katanya dengan menggunakan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris,” imbuh Mulyono.

“Dia berkali-kali mengatakan ‘ajib………ajib…………’. Alhamdulillah apa yang kita lakukan ini semata-mata untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi jamaah haji terutama lansia. Semoga hal ini bisa menjadi inspirasi bagi negara-negara lain untuk memberikan pelayanan terbaik bagi jamaah haji masing-masing,” pungkasnya. (abi).

Tetap sehat dan semangat

#No Korupsi

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *