Empat Siswa MAN 2 Kulon Progo Lolos Final Capstone Project Persiapan Intel Al Global Impact Festival 2023 Tingkat Nasional

Yogyakarta (MAN2KP) – Empat siswa MAN 2 Kulon Progo Lolos  Final Capstone Project Persiapan Intel Al Global Impact Festival 2023 Tingkat Nasional. Selanjutnya mereka mengikuti Pelatihan AI Persiapan Al Global Impact Festival 2023 atas undangan dari Pengurus Yayasan Sagasitas Yogyakarta, yang diselenggarakan di Hotel Tara Yogyakarta di Jalan Magelang 129 Kricak Yogyakarta, Sabtu  (15/7/2023).

Yayasan Sagasitas Yogyakarta adalah yayasan yang berkerja sama dengan Intel Asia Pasifik dan Japan dengan Singapore Sustainibility Living Lab (SL2) Indonesia untuk menyelenggarakan program pelatihan Intel Artificial Intelligence untuk siswa dan guru SMA/MA/SMK di Daerah Istimewa Yogyakarta pada 2021 dan 2022. Yayasan Sagasitas Yogyakarta berkantor di Pogung Raya 272F Sinduadi, Sleman, Yogyakarta 55284.

Dalam kegiatan pelatihan Al Persiapan Intel Al Global Impact Festival 2023 tersebut terdapat empat agenda utama yaitu laporan sementara hasil progress capstone project 35 kelompok, review dan evaluasi capstone project 35 kelompok, penyelesaian laporan akhir capstone project 35 kelompok, dan persiapan Sagasitas Research Exhibition capstone project 35 kelompok.

Empat siswa MAN 2 Kulon Progo yang mengikuti kegiatan tersebut adalah Firman Najib El Mubarok (Grup 1 Kategori usia di atas 18 tahun), Cahyo Kartiko (Grup 2 kategori usia di atas 18 tahun), Destyan Dwi Saputra (Grup 1 Kategori usia di bawah 18 tahun) dan Arsa Wafi Mahardika (Grup 1 Kategori usia di bawah 18 tahun). Sementara Farida Rahmawati, M.Pd., termasuk dalam daftar guru yang diundang dalam acara tersebut.

Hartiningsih, M.Pd., Kepala MAN 2 Kulon Progo menyatakan kebanggaannya karena empat siswanya diundang dalam pelatihan tersebut. Apalagi materi dalam pelatihan tersebut adalah pembuatan projek capstone (capstone project). Menurutnya kegiatan ini adalah kegiatan langka, dan kesempatan ini tak dapat diperoleh dengan mudah. “Ini membanggakan, MAN 2 Kulon Progo mendapat perhatian dari Yayasan Sagasitas Yogyakarta. Capstone project adalah projek pembuatan inovasi digital. Semoga anak-anak mendapatkan dan bisa menerapkan ilmu ini,” ungkapnya.

Rudy Prakanto, S.Pd., M.Eng., Kepala Balai Tekkomdik DIY, saat memberikan sambutan dalam acara pembukaan, dengan berapi-api memberikan semangat kepada 35 karya inovasi anak DIY dan sekaligus memberikan doa agar 35 karya yang dikirim berhasil sampai pada tingkat nasional dan bisa lanjut pada tingkat internasional. “Saya berdoa semoga 35 karya peserta pelatihan ini lolos hingga tingkat nasional, dan berlanjut ke tingkat nasional,” harapnya.

Sementara itu Zainal Abidin, A. M., Ketua Yayasan Sagasitas DIY memberikan apresiasi kepada empat siswa MAN 2 Kulon Progo yang telah mampu menyelesaikan projek sampai selesai. “Alhamdulillah, akhirnya adik-adik MAN 2 Kulon Progo bertahan sampai tahapan finalisasi Capstone Projects. Terima kasih, Bu Aning (sapaan akrap Hartiningsih) atas dukungan, motivasi, dan doa yang sudah diberikan kepada anak didik terbaiknya. (sug/ast/dpj)

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *