Lantik Pengurus KKGPAI, Kakan Wahib Jamil: Bawa Misi Islam Rahmatan Lil ‘Alamin

Kulon Progo (Kankemenag) – Pendidikan di Indonesia saat ini menerapkan Kurikulum Merdeka, yang salah satu materinya adalah Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam (KKGPAI) di samping mewujudkan profil pelajar Pancasila, juga membawa misi Islam Rahmatan lil alamin dengan memperkuat moderasi beragama. Kepala Kankemenag Kulon Progo, H.M. Wahib Jamil, S.Ag. M.Pd. menyampaikan hal itu di sela-sela Pelantikan Pengurus KKGPAI SD tingkat kabupaten yang berlangung di Aula MAN 1 Kulon Progo, Senin (3/7/2023) pagi.

“KKG di samping mewujudkan profil pelajar Pancasila, diharapkan juga membawa misi Islam Rahmatan lil ‘alamin dengan memperkuat moderasi beragama. Maka KKG PAI diharapkan bisa membawa Islam di tengah kehidupan masyarakat yang mampu mewujudkan kedamaian dan kasih sayang bagi manusia maupun alam,” ujarnya.

“Untuk mewujudkan hal itu maka Guru PAI diharapkan dapat memperkuat moderasi beragama. Yang dengan empat indikatornya antara lain komitmen kebangsaan, toleransi, anti kekerasan, serta adaptif terhadap budaya dan tradisi,” imbuh Kakan.

“Oleh karena itu KKG harus membawa peningkatan kualitas pendidikan agama Islam. Tentu harus sesuai cita-cita pendidikan dengan peningkatan kualitas guru-guru agama, strategi pembelajaran, dan lain-lain. Sehingga Guru PAI harus mau dan mampu membangun sinergi serta komunikasi dengan berbagai pihak untuk pencapaian tujuan pendidikan tersebut,” terang Jamil.

Selain itu Kakan Wahib Jamil juga mengingatkan tentang tantangan jaman. “Tantangan perkembangan jaman saat ini sangat kompleks. Terutama dengan lajunya perkembangan IT yang begitu cepat kita sangat tertinggal dalam berbagai aspek. Media bagi anak-anak sudah menjadi bagian hidupnya. Untuk itulah guru harus selalu update mengikuti perkembangan jaman,” pintanya.

“Selain itu tata kelola pendidikan agama Islam menggunakan media online sangat efektif. Karena itu harus disikapi dengan bijak. Sedangkan dari sisi peningkatan SDM ke depan harus mampu menatap masa depan  dengan memberikan respon yang cepat terhadap adanya progam-program baru,” tegas Kakan.

“Kami berharap kepengurusan ini dapat amanah dan bertanggung jawab. Terima kasih atas pengabdiannya. Semoga sekecil apapun yang kita lakukan dengan penuh ikhlas menjadi bagian dari amal shalih,” pungkas Jamil.

Adapun Pengurus KKG PAI SD Kabupaten Kulon Progo yang dilantik, Ketua (Muhammad Syuhud, S.Pd.I.), Wakil Ketua (Triyanto, S.Pd.I.), Sekretaris (Adji Iman Santoso, S.Pd.), Bendahara (Titik Sukamtinah, S.Pd.I.). kepengurusan juga dilengkapi dengan Seksi Organisasi dan Profesi, Kurikulum, serta Keagamaan. Hadir dalam pelantikan tersebut Kasi Pendidikan Madrasah selaku Plt. Kasi Pakis, Muhamad Dwi Putranto, S.Pd. M.M., Pejabat Dinas Dikpora Supardi,M.Pd serta Pengawas PAI SD. (dpj/abi).

Tetap sehat dan semangat

#No Korupsi

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *