Rapat Dinas Sambut Tahun Ajaran 2023/2024; MAN 2 Kulon Progo Siap Lakukan Berbagai Manuver

Kulon Progo (MAN2KP) – Menyambut Tahun Ajaran 2023/2024, MAN 2 Kulon Progo menyelenggarakan Rapat Dinas yang diikuti oleh semua guru dan pegawai. Rapat Dinas diselenggarakan di Ruang Theater Room Gedung Pusat Pembelajaran Terpadu Kampus Pusat atau Unit 2 MAN 2 Kulon Progo di Jalan Pahlawan Panjatan Kulon Progo, Jumat (14/7/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Kepala MAN 2 Kulon Progo, Hartiningsih, M.Pd, menyampaikan ajakannya kepada para guru dan pegawai untuk menyambut Tahun Ajaran 2023/2024 dengan semangat baru dengan cara memberikan pelayanan pendidikan kepada para peserta didik, dan pelayanan kepada masyarakat dengan sebaik-baiknya.

Ia pun mengajak kepada para guru dan pegawai, untuk meningkatkan kompetensi dan kapabilitas diri baik sebagai guru juga sebagai pegawai. Kepada guru, ia meminta untuk meningkatkan kompetensi diri utamanya dalam media pembelajaran digital. Menurutnya, kemampuan digital tidak lagi menjadi kewajiban guru-guru muda saja  tetapi menjadi kewajiban semua guru. “Bapak Ibu, penggunaan media pembelajaran digital tak bisa ditawar-tawar lagi. Ini sudah menjadi keniscayaan. Untuk itu, kita akan selenggarakan workshop atau bimtek pembuatan media pembelajaran digital. Tahun ini, kita juga akan mengadakan lomba media pembeljaran digital untuk guru. MAN 2 Kulon Progo adalah Madrasah Digital,” terangnya.

Hartiningsih meminta kepada semua warga madrasah untuk menyampaikan ide-ide kreatif demi kemajuan MAN 2 Kulon Progo. Ia menyampaikan bahwa kemajuan madrasah berasal dari ide-ide warga madrasah, termasuk para guru dan pegawai. “Bapak dan Ibu, sampaikan ide-ide Bapak dan Ibu kepada kami, juga Tim Manajemen Madrasah. Semua pemikiran dan gagasan kami terima dan kita bahas. Hasil pembahasan, kita laksanakan bersama-sama,” lanjutnya.

Berkaitan dengan anggaran madrasah dan penyerapannya, ia juga meminta kepada para guru dan pegawai untuk memetakan waktu dengan sebaik-baiknya. Menurutnya, penyerapan anggaran harus terpetakan sejak awal seiring pelaksanaan kegiatan yang sudah ditetapkan dan tak boleh menumpuk pada semester 2, atau waktu-waktu akhir tahun anggaran.

Hartiningsih mengajak para guru dan pegawai untuk meningkatkan pelayanan informasi kepada masyarakat. Ia meminta kepada Tim Manajemen dan para staf untuk membuat program kerja andalan yang menunjukkan peningkatan kualitas MAN 2 Kulon Progo. Ia mencontohkan, di bidang kurikulum, adanya program peningkatan jumlah peserta didik yang diterima di perguruan tinggi negeri (PTN).

Di bidang keterampilan, karena MAN 2 Kulon Progo adalah Madrasah Aliyah plus Keterampilan, MAN 2 Kulon Progo perlu membuat produk-produk baru, di samping masih mempertahankan produk-produk unggulan lama. Hasil karya keterampilan para peserta didik dipajang sebagai penghargaan kepada mereka.

Di bidang prestasi dan kompetisi, sebuah tim khusus dibuat, untuk memberikan pendampingan, pembimbingan, dan membantu memfasilitasi para peserta didik untuk mengikuti berbagai kompetisi dan perlombaan baik riset, kompetisi akademik dan non akademik. Madrasah juga perlu untuk memberikan informasi kepada masyarakat luas tentang perkembangan MAN 2 Kulon Progo, dan prestasi guru dan peserta didik menggunakan berbagai media sosial kekinian seperti instagram, facebook, twitter, facebook, website, tik tok, dan sebagainya.

Selanjutnya, Wakil Kepala bidang Kurikulum, Kurnia Panca Dewi, M.Sc., menyampaian pembagian tugas guru untuk semester pertama Tahun Ajaran 2023/2024. Ia meminta teman-teman sejawatnya untuk bersatu padu mengemban amanah untuk setiap tugas yang diamanahkan kepadanya. “Bapak Ibu semua, mari kita bersatu padu dan bahu-membahu untuk melaksanakan tugas yang diamanahkan kepada kita dengan sebaik-baiknya,” pintanya. (sug/ast/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *