Upacara Bendera Upaya Hidupkan Patriotisme Siswa MIM Kenteng

Kulon Progo (MIM Kenteng) – Upacara bendera menumbuhkan jiwa patriotisme, cinta tanah air, menanamkan karakter gotong royong, dan kerja sama. Seperti yang dilaksanakan siswa MIM Kenteng di Balai Kalurahan Demangrejo, Sentolo, pada Senin (17/7/2023).

Kepala Madrasah, Rujito, S.Pd.I. M.Pd. menyampaikan manfaat upacara bendera. “Upacara menjadi salah satu di antara cara untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan. Oleh karena itu, kegiatan ini juga bisa memupuk rasa nasionalisme anak bangsa. Manfaat upacara bendera lainnya yaitu dapat membiasakan para siswa untuk berperilaku disiplin,” jelas Kamad.

Guru Kelas VI, Rizco Ardian Saputro, M.Pd. menyampaikan perihal persiapan yang dilakukan madrasah. ”Menindaklanjuti hasil rapat kapanewon tentang pelaksanaan upacara rutin 17-an dan Upacara Hari Besar Nasional tahun 2023, maka MIM Kenteng ditunjuk sebagai peserta upacara di halaman Balai Kalurahan Demangrejo,” ujar Rizco.

“Adapun peserta upacara terdiri dari anak-anak kelas VI dari MIM Kenteng, SD Muh Demangrejo, dan SDN Kanisius Bonoharjo, ASN, Perangkat Kalurahan Demangrejo, Mahasiswa KKN UGM, dan masih banyak lagi,” tambah Rizco.

Pembina Upacara dari Polsek Sentolo, AKBP. Ngadiran menyampaikan amanat dari Pemerintah Kabupaten Kulon Progo. “Sudah saatnya kita semua kembali memupuk rasa persatuan dan kesatuan guna mencapai tujuan bersama. Yaitu untuk mengangkat kembali semangat dan etos kerja, semangat belajar begi yang masih sekolah guna menjadi kader penerus bangsa,” ungkapnya.

Ketua kelas VI, Riski senang bisa ikut upacara bendera. “saya dan teman-teman senang bisa ikut menjadi peserta upacara di Balai Kalurahan Demangrejo. Berjumpa dengan teman-teman dari sekolah lain. Ini akan menjadi pengalaman yang bagus untuk kami. MIM Kenteng mantap,” kata Riski. (ras/abi).

Tetap sehat dan semangat

#No Korupsi

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *