Terima Studi Tiru, Kasi PHU Kankemenag Kulon Progo Paparkan Program Inovasi

Kulon Progo (Kankemenag) – Pembangunan Gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Kankemenag Kulon Progo telah selesai dibangun. Dalam proses pembangunannya dikawal lansgung oleh Irjen Kemenag RI, Dr. H. Faisal Ali Hasyim, S.E, M.Si, CA, CSEP. Kankemenag Kulon Progo juga mempunyai beberapa inovasi terkait layanan haji dan umrah. Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kankemenag Kulon Progo, H. Mulyono, S.H.I. M.S.I. menyampaikan hal itu saat menerima Kunjungan Studi Tiru dari Kankemenag se-Sumatera Selatan di Aula PLHUT kantor setempat, Rabu (20/9/2023) pagi.

“Alhamdulilah Kankemenag Kulon Progo telah selesai membangun Gedung PLHUT. Dalam mproses pembangunan PLHUT ini kami dikawal langsung oleh Irjen Kemenag RI. Sehingga dalam pelaksanaannya dapat berjalan tep[at waktu, tepat mutu, dan tepat guna,” ujarnya.

“Rancangan desain PLHUT ini kami konsep ramah kelompok rentan, terutama kaum lansia, difabel, dan lain-lain. Sehingga selain desain ruangan dan bangunan, kami juga terus berinovasi untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, terutama layanan haji,” imbuh Kasi PHU.

“Beberapa inovasi kami untuk layanan haji antara lain Siskohat Mobile. Dalam program ini kami berusaha memberikan layanan keliling kepada masyarakat yang akan mendaftar haji. Hal ini karena wilayah kami yang sebagian besar berupa perbukitan. Untuk program ini kami mendapatkan support dari Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) berupa 1 unit mobil layanan,” terangnya.

Selain itu Mulyono juga menyampaikan bahwa Kankemenag Kulon Progo juga mempunyai inovasi Podcast Reboan. “Siaran berupa informasi-informasi penting terkait layanan masyarakat, termasuk haji dan umrah. Bahkan dalam dua tahun ini kami melalukan live streaming pelaksanaan haji dari Arab Saudi. Jadi keluarga di tanah air bisa tahu bagaimana kondisi jamaah haji di Tanah Suci,” lanjut Mulyono.

“Sedang untuk menyapa jamaah haji yang masih dalam daftar tunggu kami programkan Haji Siaga (Haji Sinau Agama). Dalam program ini kami sampaikan materi pengetahuan dasar agama. Hal ini mengingat tingkat kemampuan dan pemahaman agama masing-masing jamaah berbeda. Sehingga kami berharap nantinya semua jamaah dapat melaksanakan haji secara mandiri, tidak lagi tergantung kepada petugas,” pungkasnya.

Sementara Kasi PHU Kankemenag Banyuasin, H. Ganda Riawan, M.S.I. sebagai Ketua Rombongan dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan kunjungan ke Kankemenag Kulon Progo untuk Studi Tiru terkait pembangunan PLHUT dan inovasi layanan haji. “Kami hadir di sini untuk silaturahmi dan studi tiru pembangunan PLHUT. Kami juga ingin mengetahui berbagai inovasi layanan haji di Kankemenag Kulon Progo. Alhamdulillah silaturahmi kami ini diterima dengan sangat luar biasa. Kami berharap nantinya hasil Studi Tiru ini dapat kami implementasikan di Sumatera Selatan,” tuturnya.

Hadir dalam kunjungan Studi Tiru tersebut sebanyak 17 Kasi PHU beserta Pengelola Keuangan Kankemenag Kabupaten/Kota se-Sumatera Selatan. Rombongan diterima oleh Kasi PHU Kankemenag Kulon Progo (H. Mulyono, S.H.I. M.S.I). bersama Penyelenggara Zakat dan Wakaf (Haris Widiyanto, S.H.), PPK PHU (Noer Faidah Maharini, S.Ag. M.S.I.), Pengelola Pengadaan Barang/Jasa (Muhammad Aulia Rahman, S.E.) beserta Tim Kreatif dan Staf Pelaksana. (abi).

Tetap sehat dan semangat

#No Korupsi

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *