Hari Santri, Kakan Wahib Jamil: Jihad Santri Jayakan Negeri

Kulon Progo (Kankemenag) – Seluruh bangsa Indonesia terutama kalangan pesantren tengah memperingati Hari Santri. Tema yang diambil pada peringatan tahun 2023 ini adalah Jihad Santri Jayakan Negeri. Kepala Kankemenag Kulon Progo, H.M. Wahib Jamil, S.Ag. M.Pd. menyampaikan hal itu di sela-sela menghadiri Upacara Hari Santri yang berlangsung di Lapangan Pengasih, Ahad (22/10/2023) pagi.

“Hari ini kita bersama memperingati Hari Santri. Peringatan ini merujuk pada tercetusnya Resolusi Jihad yang melahirkan peristiwa heroik di Surabaya, yang kemudian diperingati sebagai Hari Pahlawan. Tema yang diambil pada peringatan tahun ini adalah Jihad Santri Jayakan Negeri,” ujarnya.

“Dengan tema tersebut santri selalu siap sedia mengawal setiap perjuangan bangsa Indonesia. Setiap kali Ibu Pertiwi memanggil, santri tidak pernah menolaknya. Sejarah telah membuktikan peran aktif kaum santri dalam memperjuangkan, mempertahankan, dan mengisi kemerdekan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” imbuh Kakan.

“Dengan semangat jihad para santri tersebut diharapkan negara Indonesia dapat terus berjaya. Selain itu bangsa Indonesia diharapkan juga mampu bersaing dengan negara-negara maju di dunia. Indonesia juga diharapkan terus mampu tampil sebagai penjaga perdamaian dunia,” harapnya.

“Hal ini juga sejalan dengan program prioritas Kemenag yaitu moderasi beragama. Di mana salah satu indikator moderasi beragama adalah komitmen kebangsaan. Kaum santri telah membuktikan hal itu sejak dulu. Maka momentum Hari Santri ini diharapkan mampu memperkuat moderasi beragama dan menjaga keutuhan NKRI, serta aktif dalam upaya perdamaian dunia,” pungkas Jamil. (abi).
Tetap sehat dan semangat
#No Korupsi

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *