KUA Pengasih Bentuk Binaan Taman Al Quran Usia Lanjut (TAULAN)

Kulon Progo (KUA Pengasih) – Wajah gembira tersirat dari wajah ibu ibu peserta bimbingan Al Quran di Masjid Al Muttaqin malam itu, saat di mulainya kegiatan Taman Al Quran Usia Lanjut (TAULAN). Kegiatan acara tersebut berlangsung pada Ahad, (22/10/2023) malam.

Kegiatan pekanan yang dibimbing langsung oleh Penyuluh Agama KUA Pengasih, Agus Prasmono, S.Ag, di hadiri oleh 15 jamaah ibu ibu dari dusun Mrunggi RT 26 Sendangsari Pengasih Kulon Progo.

Pada kesempatan tersebut Agus Prasmono mrnyampaikan bahwa kalimat Taulan dipilih sebagai nama kegiatan, terinspirasi dari kalimat Handai Taulan yang memiliki arti sahabat atau teman teman.

“Kalimat Taulan di harapkan dapat menambah suasana keakraban dan menarik handai taulan lainnya yang belum hadir karena ada kesamaan usia karena yang hadir sahabat sahabat nya sendiri yang sehari hari bersama,” ungkapnya.

“Kegiatan yang sudah direncanakan jauh hari, di awali dengan sowan silaturahmi ke Takmir masjid setempat Riyanto dan Pak RT 26 Suryanto, mendapat sambutan yang  baik dan dukungan berupa informasi atau woro woro kepada warga untuk hadir di kegiatan Taulan tiap ahad malam,”imbuhnya.

“Alhamdulillah, melalui Al Quran, kita dapat memperoleh syafaat di hari kiamat nanti, apabila kita semua istiqamah dan senantiasa menjadikan Al Quran sebagai pedoman shahabat kita, senantiasa di baca dan di pelajari serta di hafalkan, sebagaimana hadits Rosulullah SAW, yang artinya: bacalah oleh kalian Al Qur’an karena dia ( Al Qur’an) akan datang pada hari kiamat untuk memberi syafa’at pada shahabatnya,” pungkas Agus Prasmono

Acara yang di awali dengan menghafal asmaulhusna metode Takka dilanjut dengan bimbingan Iqra dan bimbingan baca Al Quran bagi yang sudah lulus Iqra serta di akhiri dengan menghafal bersama sama surat surat dalam Al Quran khususnya pada Juz 30 yang di pergunakan untuk bacaan shalat mereka masing-masing. (gus/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *