Launching Siskohat Mobile, Kakan Wahib Jamil: Dekatkan Layanan ke Masyarakat

Kulon Progo (Kankemenag) – Kondisi geografis di Kabupaten Kulon Progo yang beraneka ragam dapat menjadi penghalang bagi masyarakat untuk mendapatkan layanan yang terbaik. Untuk itu Kankemenag Kulon Progo terus melakukan inovasi agar dapat meningkatkan layanan kepada masyarakat. Salah satunya adalah pelayanan haji keliling (Siskohat Mobile). Kepala Kankemenag Kulon Progo, H.M. Wahib Jamil, S.Ag. M.Pd. menyampaikan hal itu saat melakukan Launching Pelayanan Haji Keliling (Siskohat Mobile) dan Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dengan Bank Penerima Setoran Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPS Bipih) yang berlangsung di Aula PLHUT setempat, Selasa (10/10/2023) pagi.

“Kondisi geografis Kulon Progo yang banyak perbukitan atau pegunungan ini mendorong kami untuk berinovasi dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat terutama yang mau mendaftarkan haji. Untuk itulah kita luncurkan Pelayanan Haji Keliling (Siskohat Mobile) ini sebagai bentuk komitmen kami dalam mendekatklan layanan kepada masyarakat,” ujarnya.

“Alhamdulillah kita sudah mendapatkan bantuan mobil layanan dari Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH). Tentu hal ini sangat mendukung kita untuk mendekatkan layanan kepada masyarakat. Program ini diharapkan juga akan mengurangi berbagai resiko yang mungkin terjadi, sehingga dapat dilakukan antisipasi,” imbuh Kakan.

Lebih lanjut Kakan menyampaikan terima kasih kepada pihak perbankan yang telah memberikan support bagi layanan masyarakat. “Dalam memberikan layanan kepada masyarakat ini tentu kami membutuhkan sinergi dari berbagai pihak. Terutama perbankan tentu akan sangat kami butuhkan dalam memberikan layanan haji maupun lainnya kepada masyarakat ini. Kami sangat terbuka untuk semua layanan perbankan. Namun memang untuk BPS Bipih ini sudah ditentukan harus Perbankan Syariah. Kerjasama ini diharapkan juga akan memperkuat pembangunan Zona Integritas di Kankemenag Kulon Progo,” harap Jamil.

Wahib Jamil juga meminta kepada Kepala KUA dan Penyuluh Agama Islam untuk menyosialisasikan program tersebut kepada masyarakat di wilayah kerjanya. “Mohon dukungan kepada rekan-rekan KUA dan Penyuluh Agama Islam untuk menyosialisasikan program ini secara masif. Baik melalui rapat-rapat, forum kajian, maupun melalu berbagai media sosial,” pintanya.

Sementara itu Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, H. Mulyono, S.H.I. M.S.I. berharap program layanan haji keliling (Siskohat Mobile) tersebut dapat mendukung Program Haji SIAGA (Haji Sinau Agama) yang telah berjalan lebih dulu. “Setelah launching ini kita skemakan layanan ke beberapa KUA. Nantinya masyarakat pendaftar haji dapat hadir di KUA terdekat sesuai jadwal. Kita awali dalam 2 bulan ke depan. Setelah itu akan kita evaluasi di akhir tahun nanti untuk menentukan langkah selanjutnya dalam meningkatkan layanan di tahun mendatang,” ucapnya.

“Untuk mendukung program ini kita telah menggandeng beberapa Bank Penerima Setoran. Antara lain Bank Muamalat Indonesia (BMI), Bank Syariah Indonesia (BSI), Bank Tabungan Negara (BTN) Syariah, Bank Danamon Syariah, Bank Sinarmas Syariah, Dan Bank Pembangunan Daerah (BPD) DIY Syariah,” pungkas Mulyono. (abi).

Tetap sehat dan semangat

#No Korupsi

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *