MAN 2 Kulon Progo Sosialisasikan Uji Kompetensi Keahlian Program Keterampilan

Kulon Progo, (MAN 2 KP) – Dalam rangka mengukur pencapaian kompetensi siswa keterampilan yang telah menyelesaikan proses pembelajaran sesuai kompetensi keahliannya, MAN 2 Kulon Progo akan menyelenggarakan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) Program Keterampilan. Untuk itu, bersamaan dengan agenda Smart Parenting bagi kelas XII yang menghadirkan orang tua, MAN 2 Kulon Progo memanfaatkan moment ini untuk menyosialisasikan  UKK Program Keterampilan. Sosialisasi berlangsung di Aula Gedung Pusat Pembelajaran Terpadu, Kampus 2 MAN 2 Kulon Progo di Jalan Pahlawan Panjatan pada Kamis (12/10/2023).

“UKK bertujuan untuk memfasilitasi siswa keterampilan yang akan menyelesaikan pendidikannya dalam mendapatkan sertifikat kompetensi dan/atau sertifikat uji kompetensi. Hal ini membantu mengoptimalkan pelaksanaan sertifikasi kompetensi yang berorientasi pada capaian kompetensi lulusan program keterampilan sesuai Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia dan menghasilkan sertifikat sebagai pengakuan keahlian untuk mencari pekerjaan,” jelas Imam Muttaqien, S.T.P., Kepala Unit Produksi Program Keterampilan MAN 2 Kulon Progo saat menyosialisasikan UKK Program Keterampilan.

Imam Muttaqien juga memaparkan bahwa MAN 2 Kulon Progo memiliki 5 program keterampilan, yaitu Teknik Audio Visual (TAV), Desain Komunikasi Visual (DKV), Agribisnis dan Pengolahan Hasil Pertanian (APHP), Tata Boga, dan Tata Busana. “Untuk mengembangkan program-program ini, MAN 2 Kulon Progo telah menjalin kerjasama dengan tiga pihak, yaitu perguruan tinggi, dunia usaha, dan dunia industri. Selain itu, program-program keterampilan di MAN 2 Kulon Progo telah meraih prestasi di berbagai ajang lomba dan kompetisi. Salah satunya adalah Juara 2 Nasional dalam Student Chef dalam Madrasah Fest 2023 di Jakarta.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada para orang tua dan wali peserta didik mengenai pentingnya memahami program-program keterampilan yang telah dikembangkan di MAN 2 Kulon Progo. Selanjutnya acara ini dihadiri oleh Plt Komite MAN 2 Kulon Progo, Wakil Kepala bidang Humas, Wakil Kepala bidang Sarpras, para Pembimbing Akademik/ Wali Kelas XII, orang tua atau wali siswa kelas XII dan XI Program SKS 2 Tahun. Selain sosialisasi UKK, kegiatan hari itu mencakup berbagai sesi termasuk paparan program Studi Lanjut yang disampaikan oleh Staf Wakil Kepala bidang Kurikulum, dan Smart Parenting. (sug/ast/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *