MAN 2 Kulon Progo Terima Piagam Penghargaan Ditjen Pendis Kemenag RI 

Jakarta, (MAN 2 KP) – Bertempat di Hotel Luminor Jakarta, MAN 2 Kulon Progo menerima Piagam Penghargaan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama (Ditjen Pendis) RI sebagai Satuan Pendidikan Pilot Projek WBK Tahun 2022 yang Lolos pada Tahap Penilaian Pendahuluan PMPZI Tahun 2022 oleh Tim Penilai Direktorat Jenderal Pendidikan Islam. Penghargaan ini diberikan secara langsung oleh Sekretaris Ditjen Pendis, Dr. H. Rahmat Mulyana Sapdi, M.Pd, dan diterima oleh Kepala MAN 2 Kulon Progo, Hartiningsih, M.Pd, pada Senin (09/10/2023).

Dalam sambutannya, Rahmat memberikan apresiasi kepada MAN 2 Kulon Progo atas komitmennya dalam memajukan pendidikan di madrasah. Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi terhadap akuntabilitas tata kelola yang baik di madrasah, yang pada gilirannya berkontribusi dalam mendorong pelaksanaan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (ZI WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di lingkungan Kementerian Agama. Rahmat berharap bahwa madrasah yang menerima penghargaan ini akan terus mempertahankan dan meningkatkan pencapaian serta prestasinya, sehingga dapat lolos pada tingkat penilaian nasional oleh Kemenpan RB di masa yang akan datang.

Hartiningsih, Kepala MAN 2 Kulon Progo, menyampaikan rasa syukurnya atas penerimaan piagam penghargaan ini. Ia mengungkapkan, “Alhamdulillah, tata kelola manajemen yang telah diterapkan di MAN 2 Kulon Progo telah dinilai dan disupervisi oleh Tim Penilaian Internal dari Dirjen Pendis Kemenag RI, dan kami berhasil meraih penilaian terbaik yang menghasilkan penghargaan ini. Kami berterima kasih kepada tim manajemen, tim ZI WBK WBBM, serta seluruh guru, pegawai, dan komite yang telah banyak membantu dalam mewujudkan tata kelola madrasah yang akuntabel dan transparan,” tuturnya.

Hartiningsih juga membagikan prinsip tata kelola manajemen di MAN 2 Kulon Progo yang dikenal dengan jargon “CETTAR Mempesona,” yang merupakan singkatan dari Cepat, Tepat, Transparan, Amanah, dan Ramah. “Prinsip CETTAR Mempesona kami diambil dari tagline Kanwil Kemenag DIY. Kami berharap melalui pelayanan CETTAR Mempesona, baik siswa, orang tua, maupun masyarakat dapat mendapatkan pelayanan yang cepat, tepat, transparan, amanah, dan ramah. Dengan demikian, tidak ada yang dirugikan, dan semua akan dilayani dengan baik di MAN 2 Kulon Progo,” tambahnya.

Hartiningsih juga mengungkapkan bahwa masyarakat tidak perlu ragu untuk melaporkan ketidakpuasan terhadap pelayanan yang diterima. “Kami telah menyediakan saluran aduan seperti WA LAPOR DAKU, link aduan di website, dan kotak aduan di MAN 2 Kulon Progo. Hal ini sebagai bentuk pengawasan agar setiap aduan dari orang tua, siswa, atau masyarakat segera ditindaklanjuti,” pungkas Hartiningsih, yang akrab disapa Aning. (sug/dpj)

 

5 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *