Pertemuan DWP Kemenag Kulon Progo; Cara Cerdas Tetap Sehat Saat Lansia

Kulon Progo (KUA Sentolo) -Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kulon Progo kembali menggelar pertemuan rapat koordinasi secara rutin yang berlangsung pada Rabu (18/10/2023) pagi,  bertempat di Balai Nikah KUA Sentolo.

Acara bertajuk Kesehatan pada pralansia dan Lanjut usia ini diikuti oleh segenap jajaran pengurus DWP, anggota dharma wanita bawah atap Kemenag Kulon Progo, KUA, dan madrasah di lingkungan Kemenag Kulon Progo sebanyak 50 peserta.

Kegiatan diawali dengan mengamalkan membaca doa Asmaul Husna yang dipimpin oleh Jazuah, penyuluh agama Islam KUA Sentolo yang dilanjutkan dengan pengajian singkat yang disampaikan oleh Fajar Munggih Nugrahani.

Sedangkan Nara sumber dalam kesempatan tersebut disampaikan langsung oleh Farida Rohman, S.Ag  yang menjelaskan tentang proses secara alami penuaan terhadap seseorang. “Secara alamiah tubuh manusia akan mengalami proses penuaan yang ditandai dengan perubahan-perubahan bentuk fisik dan fungsi tubuh yang mulai menurun seiring dengan bertambahnya usia disertai timbulnya beberapa masalah yang harus diperhatikan ” terangnya.

Farida menjelaskan menurut Kementerian Kesehatan RI klasifikasi lansia terdiri  dari 3 tahapan antara lain pra lansia yaitu seorang yang berusia antara 45 sampai 59 tahun, lansia 60 tahun ke atas, lansia resiko tinggi, dan virilitas, yaitu masa persiapan usia lanjut yang menampakkan kematangan jiwa.

Lebih lanjut Farida menjelaskan pentingnya pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi lansia . “Kondisi lansia pada umumnya bakal mengalami penurunan. Hal itu karena kecepatan metabolisasi dan massa tubuh mereka yang menurun. Hal yang perlu diperhatikan adalah, agar menjaga daya ingat, menurunkan risiko penyakit, menjaga kenyamanan tubuh,” tegasnya.

Sementara itu Ketua Dharma Wanita persatuan kabupaten Kulon Progo, Atiek  Sudaryati Wahib Jamil dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih dan memberikan apresiasi atas terselenggaranya acara pada kesempatan hari ini. ” Saya mewakili kepengurusan DWP Kankemenag Kulon Progo mengucapkan  terima kasih kepada ibu- ibu jajaran dharma wanita yang telah hadir di acara ini. Semoga pertemuan dharma wanita semakin berkembang dan semakin banyak ilmu yang kita dapat dalam pertemuan ini”. tuturnya.

Lebih lanjut, Atiek Sudaryati juga mengingatkan agar ditahun politik saat ini, sebagai istri ASN hendaklah tetap menjaga netralitas dalam ajang  Pemilu di tahun 2024 mendatang, ” tegasnya.

Acara diakhiri dengan acara ramah tamah dan tanya jawab seputar kesehatan di masa lansia, selain menyampaikan berbagai informasi progam dan kegiatan DWP Kankemenag Kulon Progo. (col /dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *