Kakankemenag Kulon Progo; Optimalkan Peran Nadzir Wakaf Produktif dan Uang Digital

Kulon Progo (Kankemenag KP) – Dalam rangka meningkatkan pemberdayaan ekonomi yang lebih maksimal Kankemenag Kulon Progo  mengadakan  Sosialisasi Wakaf Produktif dan Wakaf Uang Digital. Acara berlangsung di RM.  Langgeng Sari Mbulu pengasih Selasa (7/11/2023) pagi.

Pada acara tersebut Kepala Kantor Kemenag Kab. Kulon Progo, H. Muhamad Wahib Jamil, S. Ag.M.Pd. dalam sambutannya menyampaikan harapannya  bahwa Wakaf bisa lebih maksimal dalam pengelolaanya dan bisa memiliki kemanfaatan yang optimal untuk masyarakat luas lebih- lebih bermanfaat bagi Nadzhir itu sendiri. Selain itu Wahib Jamil menjelaskan kegiatan ini tidak sekedar hanya sebatas melakukan sosialisasi saja, tetapi ada beberapa hal yang nantinya bisa diteruskan dan ditindaklanjuti  bersama untuk mengambil titik2 tertentu.

”Misalkan di lembaga wakaf NU mulai dari PCNU, MWC hingga Ranting NU, demikian juga bagi lembaga wakaf di Muhammadiyah, sisi mana yang produktif dan itu menjadi gerakan bersama pada titik – titik tertentu yang nantinya bisa dilakukan pengelolaan wakaf produktif dengan harapan manfaatnya bisa digunakan untuk kepentingan masyarakat dan umat termasuk Nadzhir, “ ungkapnya.

Lebih lanjut kepala kantor Wahib Jamil menyampaikan perihal wakaf uang untuk dapat dimanfaatkan untuk kepentingan warga masyarakat dan Nadzhir bisa memaksimalkan pemanfaatannya serta memberikan umpan balik kepada masyarakat luas agar bisa mengoptimalkan wakaf uang digital.  Berharap pula agar Nazhir Wakaf Uang membuat program jangka pendek, menengah, dan jangka panjang tidak perlu menunggu sempurna tetapi harus kita mulai dari awal untuk segera dimanfaatkan untuk kepentingan umat.

Hal Senada disampaikan pula Ketua BWI Kab. Kulon Progo Drs. H. Muntachob,MHI dan Ketua/pengurus Yayasan Edukasi Wakaf Indonesia (YEWI ) Yogyakarta Roy Renwarin yang turut membersamai acara sosialisasi ini dan masing-masing memberikan apresiasi dan memotivasi bagi Nadzhir tanah wakaf dan wakaf uang Digital untuk memaksimalkan pemanfaatannya untuk kepentingan Umat, selanjutnya para nadzir diharapkan turut  mendukung berbagai program dari pemerintah dalam upaya penanganan kemiskinan melalui penanggulangan dan pengentasan kemiskinan. (rus/dpj)

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *