Songsong HAB ke-78, Kemenag Kulon Progo dan DWP Salurkan Air Bersih 

Kulon Progo (Kankemenag KP) – Dalam rangka menyongsong Hari Amal Bhakti (HAB) ke-78 Kementerian Agama, Kantor Kemenag Kulon Progo dan Dharma Wanita Persatuan (DWP) bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, telah mendistribusikan air bersih sebanyak kurang lebih 50.000  liter atau 10 tangki diwilayah Kapanewon Girimulyo dan sekitarnya akibat kekeringan yang melanda daerah itu selama musim kemarau. Hal ini dilakukan mengingat adanya permohonan air bersih terutama bagi  rumah ibadah masjid dan mushola serta masyarakat umum.

Pendistribusian air bersih ini dilaksanakan pada Kamis (2/11/2023) pagi dengan penyerahan bantuan secara simbolis di Masjid Al-Mustaqim Prongkokan Purwosari Girimulyo oleh Kepala Kankemenag Kulon Progo H.M. Wahib Jamil,S.Ag.,M.Pd yang didampingi oleh Kasubag TU, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) beserta jajarannya dan Forkompimkap setempat. Selain pendistribusian air bersih juga diserahkan bantuan berupa peralatan kebersihan.

Dalam sambutannya Kakan Wahib Jamil menyampaikan bahwa  bantuan ini semoga dapat membantu mengurangi beban dari dampak kekeringan di wilayah tersebut.

Selanjutnya Ia mengatakan bantuan air bersih yang telah didistribusikan itu ditujukan bagi jamaah dan masyarakat sekitar sebagai penerima manfaat.

“Tidak menutup kemungkinan nanti beberapa hari ke depan akan bertambah lagi permintaan untuk pendistribusian air bersih yang akan dikordinasikan oleh Penyuluh agama di KUA Girimulyo,” katanya.

Sedangkan Takmir Masjid Al-Mustaqim Baru Prangkokan Legiman mengatakan sangat bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada Keluarga Besar Kementerian Agama Kulon Progo beserta jajarannya yang telah berkenan silaturahmi di tempat ini, dan berharap agar kerjasama ini terus berlanjut.

Sementara itu, pendamping dari BPBD Kulon Progo yang turut membersamai, Sunardi mengimbau kepada masyarakat untuk bijak dan berhemat dalam memanfaatkan penggunaan air untuk mencukupi dalam situasi kekeringan ini yang terjadi di wilayah Girimulyo.

“Ini tentunya harus berhemat air, saya sampaikan bahwa saat ini belum memasuki musim penghujan dan diprediksi sampai dengan pertengahan akhir  November,” kata dia.

Dia menjelaskan hingga saat ini pihaknya selalu dibantu oleh berbagai unsur dalam pendistribusian air bersih ke 30 titik yang tersebar di Kulon Progo.

Selain di Masjid Al-Mustaqim Prangkokan penyerahan bantuan secara simbolis juga dilakukan  di Mushola Nurul Mustaqim Karangrejo Purwosari yang diserahkan langsung oleh Ketua DWP Hj.Atiek Sudaryati Wahib Jamil bersama jajaran pengurus lainnya. (dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *