Penyuluh KUA Wates Beri Penguatan Bela Negara Pada Kader Sogan

Kulon Progo (KUA Wates) – Dalam rangka Hari Bela Negara Ke-75 yang diperingati kemarin Selasa 19 Desember 2023, Penyuluh Agama KUA Wates berikan penguatan bela negara dalam pertemuan rutin kader Kalurahan Sogan. Kegiatan ini dilaksanakan di RM. HG Jetis Sogan pada Rabu (20/12/2023). Acara dihadiri oleh Kamituwa Sogan Sunyoto, Kunkun Rohaeni PLKB,  Risma Puskesmas Wates, Luazizah, S.H.I., Penyuluh Agama Islam KUA Wates, serta seluruh kader wilayah setempat.

Dalam paparannya Luazizah menyatakan bahwa Bela Negara merupakan sikap, perilaku, dan tindakan warga negara, baik secara perseorangan maupun kolektif yang dijiwai oleh rasa cinta dan kesadaran akan kewajiban membela negara dan bangsa. Bela negara ialah hak dan kewajiban bagi seluruh warga negara sesuai dengan posisi, peran dan kedudukan kita masing-masing.

“Sebagai warga negara yang baik sikap kita dalam bela negara di lingkungan masyarakat, diantaranya: aktif dalam kegiatan masyarakat, rela berkorban untuk kepentingan bersama, berani mengemukakan pendapat, melestarikan adat dan budaya asli daerah. Mengikuti upacara bendera, bayar pajak tepat waktu, menghindari golput ketika pesta demokrasi pemilu, menjaga dan melestarikan lingkugan, menggunakan produk dalam negeri, selalu berlaku jujur dan amanah, melakukan musyawarah, tidak melanggar norma sosial, mengikuti organisasi kemanusiaan,”ungkapnya.

Diakhir kegiatan Luazizah mengajak kepada seluruh kader untuk melakukan sikap atau hal-hal yang berkaitan dengan bela negara sebagai wujud kecintaan kita pada NKRI. (lua/dpj).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *