Pertemuan RABANI, Penyuluh KUA Pengasih Ajak Tingkatkan Interaksi Bersama Al Quran

Kulon Progo (KUA Pengasih) – Kegiatan Rabani (Rabu Pagi Bina Rohani), memiliki peran yang strategis dalam menumbuhkan kesadaran pegawai dalam beragama di lingkungan kantor khususnya Kapanewon Temon, demikian di sampaikan oleh Agus Prasmono, S.Ag, Penyuluh Agama KUA Pengasih, dalam acara penyuluhan pekanan di kantor Kapanewon setempat, Rabu (20/12/2023) pagi.

Bertempat di mushola kantor Kapanewon Temon, kegiatan rutin pertemuan pekanan pegawai ini dihadiri oleh Panewu Temon, Ridwan Usman, S.H, M.M, beserta Panewu Anom serta semua pegawai yang beragama Islam di lingkungan komplek kantor Kapanewon Temon.

”Kesadaran yang perlu ditanamkan pada kaum muslimin adalah pentingnya berinteraksi dengan Al Quran, “ tuturnya. Dalam hadits : ”Anas Radhiyallahu’anhu berkata, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah punya keluarga dari kalangan manusia”, Maka para sahabat pun bertanya, “Siapakah mereka Ya Rasulullah?”, Rasulullah SAW menjawab,“Ahlul Quran, mereka adalah keluarga-Nya Allah dan orang orang khusus-Nya” (HR. Ahmad).

Sebagaimana kita bangga bila di jadikan bagian dari keluarga Sultan/kerajaan dengan gelar ningratnya, maka di jadikan keluarga Allah merupakan hal yang sangat membahagiakan.” imbuhnya.

”Interaksi dengan Al Quran di wujudkan dengan memperbaiki bacaan Al Quran melalui kegiatan bimbingan baca Al Quran sebagai wujud Iman kepada Kita Al Quran yang merupakan salah satu rukun Iman yang wajib kita laksanakan, seperti tercantum di dalam Al Quran surat Al Baqarah : 121, yang artinya,” Orang-orang yang telah Kami berikan Al Kitab kepadanya, mereka membacanya dengan bacaan yang sebenarnya, mereka itu beriman kepadanya. Dan barangsiapa yang ingkar kepadanya, maka mereka itulah orang-orang yang rugi.” tambahnya

”Mari kita isi hidup yang sebentar ini dengan sungguh-sungguh dengan membersamai Al Quran sebagai pusaka yang di warisi Rosulullah SAW. sehingga kita tidak sesat selama lamanya,” pungkas Agus.

Selanjutnya kegiatan juga di isi dengan dzikir dan doa bersama serta melafalkan Asmaul Husna agar hati menjadi lapang dan tenang, karena melafalkan kalimat positif dan berharap dapat menularkan energi positif di lingkungan kerjanya. (gus/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *