Dakwah Penyuluh KUA Galur: Kajian Keputerian di Masjid Mu’tamirin Sorogaten

Kulon Progo (KUA Galur) – Penyuluh Agama Islam Kapanewon Galur, Isnaini Mar’ah Azizah, S.Fil.I, M.S.I menyampaikan pengajian selapanan Malam Ahad Pahing keputrian di Masjid Mu’tamirin Sorogaten, pada Sabtu (20/01/2024). Pengajian tersebut diikuti kurang lebih 80 jamaah. Istiqomah dalam sholihah untuk keluarga menuju Jannah-Nya, merupakan slogan yang digaungkan pada tiap kajian tersebut.

Dalam pengajian tersebut, Isnaini menyampaikan materi tentang tingkat kebahagiaan menurut Ar Razi seorang ulama dan filsuf muslim. Ia menjelaskan bahwa Ar Razi membagi kebahagiaan menjadi tiga tingkat, antara lain Kebahagiaan spiritual adalah tingkatan kebahagiaan yang tertinggi. Kebahagiaan ini diraih dengan mendekatkan diri kepada Allah, menegakkan agama, dan mengamalkan ilmu yang dimiliki. Selanjutnya Kebahagiaan fisik adalah tingkatan kebahagiaan yang kedua. Kebahagiaan ini diraih dengan memiliki kesehatan yang baik, penampilan yang menarik, dan hubungan sosial yang harmonis. dan Kebahagiaan eksternal adalah tingkatan kebahagiaan yang ketiga. Kebahagiaan ini diraih dengan memiliki kekayaan, kedudukan, dan kekuasaan.

Lebih lanjut ia menerangkan dalam pandangan Islam, kebahagiaan merupakan tujuan akhir dari kehidupan manusia. Kebahagiaan yang hakiki dan kekal hanya dapat dicapai dengan mengikuti ajaran Islam dan mendekatkan diri kepada Allah.

Isnaini juga menjelaskan bahwa untuk mencapai kebahagiaan yang sempurna, diperlukan usaha dan perjuangan. Usaha tersebut dapat dilakukan dengan cara meningkatkan iman dan takwa, beribadah dengan sungguh-sungguh, dan berbuat baik kepada sesama.

Sedangkan Ketua Bidang Keputrian Masjid Mu’tamirin Hj. Suratmi, S.Ag menyampaikan pentingnya menghidupkan kembali semangat para ibu-ibu atau calon ibu dalam meningkatkan kapasitas diri para kaum hawa, sehingga menjadi keluarga yang bahagia dan sejahtera.

“Pengajian ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kapasitas diri para ibu-ibu atau calon ibu. Dengan meningkatkan kapasitas diri, maka para ibu akan mampu menjadi istri dan ibu yang sholehah, sehingga keluarga akan menjadi keluarga yang bahagia dan sejahtera,” kata Suratmi.

Ia berharap agar para jamaah dapat mengambil manfaat dari pengajian tersebut dan dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam kesempatan lain Kepala KUA Galur H. Afwan Zuhdi, S.Ag, M.A menyampaikan apresiasinya atas terlaksananya pengajian selapanan Malam Ahad Pahing keputrian di Masjid Mu’tamirin Sorogaten. Ia berharap pengajian ini dapat terus dilaksanakan secara rutin, sehingga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

“Pengajian ini merupakan kegiatan yang sangat positif. Saya berharap pengajian ini dapat terus dilaksanakan secara rutin, sehingga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. Terlebih semoga masjid-masjid di wilayah Galur juga bisa mencontoh kegiatan yang baik seperti ini” kata Afwan. (azz/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *