FGD Kepegawaian, Kakan Wahib Jamil: Motor Penggerak SDM Wujudkan Layanan Prima

Kulon Progo (Kankemenag) – Problematika kepegawaian senantiasa bisa berubah setiap saat. Adanya kebijakan baru dari pusat menyebabkan keaktifan bagi Unit Kepegawaian untuk mengimplementasikan aturan tersebut. Unit Kepegawaian ini sangat penting karena berkaitan dengan nasib dan karir pegawai di instasi manapun.  Jika terjadi sebuah perubahan kebijakan kepegawaian untuk segera melakukan koordinasi dengan pusat maupun daerah terkait implementasi dari peraturan baru. Hal ini disampaikan oleh Kepala Kankemenag Kulon Progo, H.M. Wahib Jamil, S.Ag., M.Pd. pada saat membuka Focus Group Discussion (FGD) Analis Kepegawaian Kanwil Kemenag DIY yang berlangsung di Joglo TP Resto, Rabu (24/1/2024) pagi.

“Dalam menyikapi sebuah perubahan peraturan, tolong jangan hanya diambil perubahan yang bersifat formalitas. Tetapi perlu dikaji lebih lanjut, yaitu ruh dan esensinya dari aturan tersebut. Perubahan peraturan di bidang penataan ASN harus disikapi dengan cepat dan tepat agar tidak berpengaruh kepada pelayanan terhadap masyarakat. Karena pada hakikatnya seorang ASN adalah pelayan masyarakat, sehingga dengan aturan yang baru seharusnya mampu meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, bukan malah sebaliknya,” pinta Kakan.

“Dalam waktu dekat ini, kita disibukkan dengan sosialisasi dan penyusunan SKP pada e-Kinerja. Sistem kerja semacam ini harus bisa kita respon dengan tepat dan cepat. Sehingga, alhamdulillah dapat berjalan dengan baik. Menyikapi perubahan peraturan perlu dilakukan koordinasi yang masif dari tingkat wilayah dan tingkat kabupaten/kota. Sehingga jika terdapat persoalan dapat diselesaikan dengan cepat dan tepat,” terang Jamil.

“Unit Kepegawaian adalah motor penggerak sebuah instansi, yang mana akan menggerakkan sumber daya manusia. Jadi perlu cara yang lebih kreatif dan efektif di dalam membangun sumber daya manusia yang unggul. Sehingga mampu memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat,” pungkasnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Analis Kepegawaian Kanwil DIY, Husni Tamrin dan perwakilan Analis Kepegawaian Kankemenag Kabupaten/Kota. (don/abi).

Tetap sehat dan semangat

#No Korupsi

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *