HAB Kemenag: DWP Kankemenag Kulon Progo Ikuti Bhaksos dan Tour Kerukunan

Kulon Progo (DWP Kemenag KP) – Dalam memperingati Hari Amal Bhakti( HAB) ke-78 Kemenag RI, Kankemenag Kulon Progo adakan kegiatan Bhakti Sosial ke Rumah Ibadah Lintas Agama yang di rangkai dalam acara Tour Kerukunan dan Moderasi Beragama Tahun 2024 dalam Kemenag dilaksanakan Kemenag Kulonprogo usai Apel Peringatan HAB, Rabu (03/01/2024).

Kegiatan ini dilaksanakan setelah Apel HAB di kantor setempat yang diikuti oleh Kepala BIN DIY, Dandim 0731 Kulon Progo, Kepala Disdikpora, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Polres, Baznas, serta Dharma Wanita Persatuan (DWP) dan ASN di lingkungan Kankemenag. Rute pertama di mulai dari Rumah ibadah Gereja Katholik St Maria Perawan Bunda Penasehat Baik di Terbah Wates, dilanjutkan Vihara Giridharma Sukomoyo Girimulyo, Gereja Kristen Jawa Sribit Grigak Giripurwo Girimulyo, dan terakhir di Pondok Pesantren Al Hasani Banjaroyo Kalibawang.

Dijelaskan Kepala Kankemenag Kulonprogo HM Wahib Jamil SAg MPd, Rabu ini ada tiga kegiatan HAB yakni Apel Peringatan HAB ke-78, Bakti Sosial dengan bersih-bersih tempat ibadah seluruh umat beragama yang dilakukan oleh semua komponen dari Kantor Kemenag Kulonprogo.
“Kemudian membersamai teman-teman yang melakukan bakti sosial bersih-bersih tempat ibadah bersama unsur Forkompimda, lembaga, dan beberapa instansi terkait, kami membersamai dengan touring kerukunan beragama.
Makna dan tujuan kami agar menunjukkan secara langsung bahwa kerukunan beragama di Kulonprogo bisa terwujud sebagaimana  apa yang menjadi program Kemenag yakni terwujudnya tahun toleransi secara maksimal,” ujar Wahib Jamil.

Hal senada disampaikan pula Ketua DWP Kankemenag Kulon Progo, Atiek Sudaryati Wahib Jamil saat ditemui di lokasi mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan wujud rasa syukur kita di Wilayah Kulon Progo ini dalam toleransi umat beragam yang sangat kondusif. “ Kegiatan ini merupakan wujud syukur atas umat beragama dan toleransi di Kulon Progo sangat dijunjung tinggi sehingga kehidupan keberagaman dalam bingkai moderasi beragama dapat terjalin secara baik serta kondusif dan rukun masyarakatnya, ujarnya.

Lebih lanjut Ketua DWP Kankemenav Kulon Progo mengatakan bahwa “Kehidupan moderasi beragama yang kondusif saat ini agar terus dipupuk dan dipertahankan, terlebih saat ini kita sedang menghadapi pesta demokrasi pemilu yang berlangsung 14 Februari mendatang. Apapun pilihannya, persatuan dan kesatuan serta kebersamaan tetap diutamakan karena kita semua bersaudara,” harapnya.

Kegiatan Tour Kerukunan dan Moderasi Beragama tersebut di mulai dari start Kankemenag Kulonprogo yang dilepas langsung oleh Kepala Badan Inteligen Negara (BIN) DIY Brigjen TNI Rachmat Pudji Susetyo dengan didampingi Kepala Kankemenag Kulonprogo dan Ketua DWP Hj. Atiek Sudaryati Wahib Jamil bersama jajaran Forkompimda lainnya. (dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *