MIN 2 Kulon Progo Tingkatkan Minat Belajar Melalui Praktikum Sederhana

Kulon Progo (MIN2KP) – Pendidikan merupakan salah satu kunci peningkatan kualitas sumber daya manusia. Salah satu peningkatan kualitas pendidikan adalah dengan mengembangkan potensi siswa dalam pembelajaran. Aspek yang mempengaruhi kualitas pendidikan, di antaranya adalah cara belajar. Model dan metode pembelajaran menjadi penting karena model dan metode pembelajaran yang benar dapat berdampak positif dalam menciptakan proses pembelajaran yang berkualitas.

Berkaitan dengan hal tersebut guru kelas 5 MIN 2 Kulon Progo , Fitri Asmawati melaksanakan pembelajaran melalui praktikum untuk mengenalkan konsep perpindahan panas pada benda.  Kegiatan dilaksanakan Selasa (16/1/2024) di ruang kelas 5 MIN 2 Kulon Progo.

Fitri menyampaikan bahwa kegiatan praktikum dilaksananan dengan tujuan agar suasana kelas dan pembelajaran menjadi nyaman, menarik, bermakna, dan tidak membosankan. “Tujuan dari praktikum ini adalah agar suasana kelas dan pembelajaran menjadi nyaman, menarik, bermakna, dan tidak membosankan. Harapannya, dengan pembelajaran yang menarik tersebut dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa,” terangnya.

Dalam kegiatan praktik ini Fitri mengambil materi pada muatan pelajaran Sains sesuai dengan tema yang sedang dipelajari yakni Panas dan Perpindahan sub tema Perpindahan Kalor di Sekitar Kita. Kegiatan dimulai dengan mempersiapkan lembar kerja kelompok, alat dan bahan yang terdiri dari sendok, korek api, spritus, dan plastisin. Selain menggunakan alat-alat sederhana, dalam praktikum ini juga menggunakan alat-alat dari KIT yang sudah tersedia seperti jembatan pembakar, pembakar spritus, Gelas Erlenmeyer, Thermometer, batang tembaga, besi, dan kaca.  Pada akhir praktikum tiap kelompok mempresentasikan hasil kerjanya. Selanjutnya guru memberikan apresiasi dan penguatan di akhir pembelajaran.

Kepala MIN 2 Kulon Progo, Hartati, S.Pd.I., M.Pd. sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan ini. Menurut Hartati, kegiatan ini perlu dikembangkan. “Selain membuat siswa kreatif dan aktif, kegiatan praktikum ini dapat meningkatkan pengalaman belajar anak. Siswa tidak hanya mendapatkan teori, tetapi mempraktikkan langsung. Kegiatan ini juga dapat melatih siswa untuk saling bekerja sama dan saling menghargai,” ungkapnya.

Salah satu murid kelas 5, Alifia Cendekia Khalila mengaku sangat senang mengikuti kegiatan ini. Ia juga menyatakan bahwa dengan praktikum ini materi pembelajaran menjadi lebih jelas dan mudah dipahami. “Ini seru dan menyenangkan. Saya juga lebih paham dengan praktik dan melihat langsung. Selain itu saya juga mengenal alat-alat baru yang belum pernah melihat dan kenal sebelumnya,” ujar Alifia. (fas/abi).

Tetap sehat dan semangat

#No Korupsi

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *