Pengajian Aparat, Kakan Wahib Jamil: Ingatkan Muhasabah Diri di Awal Tahun

Kulon Progo (KUA Kalibawang) – Mengawali Tahun  2024, Pemerintah Kapanewon Kalibawang menyelenggarakan Pengajian Aparat bagi seluruh ASN di lingkungan kapanewon setempat, Rabu (10/01/2024) bertempat di Balai Kalurahan Banjararum. Dihadiri oleh Panewu, Danramil, Kapolsek, Kepala KUA, Lurah se Kalibawang, dan segenap Kepala Sekolah SD/MI, SMP, SMA/K, Pimpinan Instansi terkait serta ASN dan Perangkat Kalurahan, dengan menghadirkan  Kepala Kankemenag Kulon Progo HM. Wahib Jamil, S.Ag, M.Pd sebagai narasumber.

Mengawali ceramahnya Wahib Jamil menyampaikan QS. Al Isra’ ayat 4, “ Iqra’ kitabaka kafaa binafsikal yauma ‘alaika hasiba “ yang artinya Bacalah kitabmu, cukuplah dirimu sendiri pada hari ini sebagai penghitung atas dirimu.” tuturnya.

Selanjutnya ia mengatakan bahwa “Awal tahun baru sudah sepantasnya kita biasa membaca catatan diri  kita sendiri. Problematika atau permasalahan adalah dari kita sendiri bukan dari orang lain. Sebagaimana terdapat dalam kitab Hikam, “man asyroqot bidayatuhu, asyroqot nihayatuhu”, barang siapa niat kita baik Insya allah diakhir hidup kita akan mendapat kebaikan dari Allah. Ketika kita selalu memperbaiki niat di setiap kita mengawali hari, bukan tidak mungkin hasil yang kita capai (setidaknya di hari itu) akan lebih baik,” imbuhnya.

Selanjutnya pada akhir ceramahnya Wahib Jamil menandaskan bahwa, ketika kita mengenal diri kita maka Insyaallah kita mengenal Allah. “ Ada empat hal yang harus kita sadari, satu, manusia itu diciptakan oleh Allah swt.  Manusia  terlahir di dunia tidak memiliki apa-apa. Dan akan muncul sifat sombong karena kita tidak melihat ke belakang proses diciptakan oleh  Allah. Kedua, tidak ada manusia yang sempurna, sebagaimana tercantum dalam QS. Al Baqarah ayat 286. Ketiga, permasalahan hidup yang dialami akan selalu mendorong kita untuk mengingat Allah swt. Keempat, Kesuksesan yang hakiki diperoleh secara bersama-sama, bukan saya tetapi kami (kita) karena adanya pertolongan orang lain,”pesannya.

Pada kesempatan sebelumnya Panewu Kalibawang Risdiyanto Nugroho, S.STP, M.Eng. menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh ASN dan Perangkat Kalurahan yang sudah berkenan menghadiri Pengajian Aparat Putaran I Tahun 2024 ini. “ Semoga pengajian yang rutin diselenggarakan ini, mampu menambah pengetahuan agama dan menjalin silaturahim yang kuat, dan menghasilkan output yang luar biasa bagi segenap ASN di wilayah Kalibawang.” imbuh Risdiyanto. (bud/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *