Peserta Didik MTsN 3 Kulon Progo Praktik Shalat

Kulon Progo (MTsN3KP) – Tim Ibadah MTsN 3 Kulon Progo mengadakan tahsin bacaan dan gerakan shalat sebagai bentuk penguatan terhadap ibadah sehari-hari. Kegiatan ini adalah salah satu program utama MTsN 3 Kulon Progo. Para siswa mempraktikkan gerakan dan bacaan shalat yang benar. Hal ini disampaikan oleh Kepala Madrasah, Munji Jakfar, S.Pd.I., M.Pd.I. di sela-sela kegiatannya di mushala madrasah pada Jum’at pagi (12/1/2024).

“Anak-anak diharapkan dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh. Sehingga mereka mampu menghafal bacaan shalat dengan benar sekaligus paham dengan gerakan-gerakan yang benar. Rutinitas ini akan sangat bermanfaat bagi para siswa sekaligus sebagai bekal ilmu yang sangat berguna sepanjang hidupnya,” ungkap Munji.

Salah satu dewan pembimbing kegiatan Ibadah, Rini Dwi Hastuti, S.Pd.T, M.Pd. menjelaskan bahwa madrasah bersama tim ibadah secara rutin memberikan tutorial gerakan shalat ke seluruh siswa.
“Secara rutin, kegiatan ini dilaksanakan setiap Jum’at. Anak-anak tidak hanya mendapatkan tutorial, kegiatan ini dilanjutkan dengan praktik secara bergilir.
Pengecekan hafalan bacaan shalat dilaksanakan secara mandiri. Setiap kelas didampingi oleh tiga sampai lima guru pendamping,” ungkap Rini.

Minggu ini yang melaksanakan gerakan praktik adalah semua siswa kelas VII, dengan dipimpin oleh H. Muhammad Masruri, S.Pd. dan beberapa guru pendamping.

“Mereka mendemonstrasikan gerakan dalam shalat, mulai gerakan takbir sampai salam. Beberapa siswa yang belum benar gerakannya akan segera dikoreksi. Mereka akan mengulang dan membetulkannya sampai gerakan shalatnya benar,” tambahnya.

Salah satu siswa kelas VIIA, Real Anjun menyampaikan kebanggaannya menjadi siswa MTsN 3 Kulon Progo yang di dampingi gerakan dan bacaan shalatnya. “Saya merasa bangga dan bahagia guru-guru sangat telaten mendampingi dan menyimak hafalan bacaan shalat. Selama satu semester, akhirnya saya sudah bisa hafal semua bacaan shalatnya,” ungkap Anjun. (mrs/rdh/abi).
Tetap sehat dan semangat
#No Korupsi

2 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *