Siswa MTs Al Hasani Ikuti Sosialisasi dan Skrining Kesehatan

Kulon Progo (MTs Al Hasani) – Para siswa MTs Al Hasani mengikuti sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada hari Rabu (17/1/2024). Kegiatan itu berlangsung di Pendopo Al Hasani bersama Ns. Nilam Qurotul Ain, S.Kep. dari Pusat Kesehatan Pesantren (Puskestren) Sunan Pandanaran. Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman pada siswa agar menjaga kebersihan dan kesehatan diri.

“Salah satu penyakit yang sering diderita santri pondok pesantren adalah scabies atau gudig. Cara agar tidak menular yaitu dengan menggunakan barang pribadi untuk sendiri, tidak bergantian dengan orang lain. Selain itu, jaga selalu kebersihan asrama,” papar Nilam.

Selain menjelaskan cara pencegahan scabies, Nilam juga memaparkan cara mencuci tangan yang benar dan etika yang harus dilakukan ketika batuk. Nilam pun mengajak siswa untuk mempraktikkan cara mencuci tangan yang tepat. Siswa diingatkan untuk mengonsumsi makanan bergizi, minum air putih, menjaga kebersihan, tidur yang cukup, kelola stres, dan olahraga teratur.

Setelah sosialisasi para siswa menjalani skrining kesehatan di salah satu ruang kelas MTs Al Hasani. Skrining dilaksanakan oleh dr. Syarifah Ro’fah dan Ns. Nilam sendiri.

Salah seorang siswi kelas 8, Nisa’ul Khanuun, mengungkapkan kebermanfaatan dari sosialisasi dan skrining kesehatan tersebut. “Sangat bermanfaat bagi saya, karena menjadi paham cara menjaga kebersihan, mencuci tangan, etika batuk, dan mencegah penularan penyakit scabies. Selain itu, dengan skrining, saya jadi tahu kondisi kesehatan diri,” ungkap Khanuun. (rum/sul/abi).

Tetap sehat dan semangat

#No Korupsi

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *