Bangun Karakter Pemuda Bangsa, Pramuka MTs Negeri 5 Kulon Progo Ajarkan Dasa Darma

Kulon Progo (MTsN 5) – Materi Dasa Darma Pramuka merupakan ketentuan moral bagi setiap anggota pramuka. Dasa Darma Pramuka ini penting ditanamkan bagi para siswa krena mengandung nilai-nilai mulia dasar kepramukaan. hal ini disampaikan oleh Kepala Madrasah MTsN 5 Kulon Progo, Asnah Al Amien, S.Ag., M.S.I, Kamis (1/2/2024), sore, di halaman MTs Negeri 5 Kulon Progo pada saat Kegiatan Pramuka dilaksanakan.

“Pada kegiatan pramuka yang dilaksanakan oleh kelas 7 dan kelas 8, anak-anak diajarkan tentang pentingnya mengetahui tentang 10 Dasa Darma Pramuka. Tidak hanya itu, anak-anak juga diminta untuk menghafalkan 10 Dasa Darma Pramuka tersebut sebagai bekal mereka dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini tak lepas dari makna yang terkandung dalam Dasa Darma Pramuka yang bisa diamalkan dan diterapkan oleh siapapun dalam kehidupan sehari-hari,” terang Asnah.

Dasa Darma Pramuka merupakan sepuluh tuntunan tingkah laku untuk mengamalkan janji-janji atau ikrar-ikrar yang terkandung dalam Tri Satya Pramuka. Pramuka sangat penting untuk membentuk karakter pemuda bangsa. “Pramuka memberikan pendidikan yang membentuk karakter, seperti kedisiplinan, kesopanan, patuh pada aturan, kreatifitas, dan kecakapan berpikir. Karakter ini dibentuk dari kegiatan alam yang biasanya dilakukan oleh organisasi kepramukaan. Gerakan Pramuka juga memiliki peran penting dalam mewujudkan generasi yang tangguh, berbudi luhur dengan mengedepankan semangat persatuan dan kesatuan serta cinta tanah air”, pungkasnya. (mic/don)

3 replies
  1. Isman
    Isman says:

    Impian kita bagi genesi bangsa laksanakan dasa darma Pramuka itu cukup sebagai bekal hidup dimasa mendatang.
    Maju terus anak-anak bangsa.

    Balas

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *