Keputrian MTsN 6 Kulon Progo Usung Tema Keutamaan Bulan Ramadan

Kulon Progo (MTsN 6 KP) – Dalam semangat mengisi bulan suci Ramadan, MTsN 6 Kulon Progo mengisi kegiatan rutin keputrian dengan mengangkat tema “keutamaan dan spiritualitas Ramadan”, kegiatan ini diperuntukan untuk siswa putri yang sedang beralangan shalat dan tidak mengikuti shalat jum’at berjamaah bertempat di perpustakaan Darul Ilmi MTsN 6 Kulon Progo Jum’at, (22/03/2024). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswi tentang pentingnya keutamaan Ramadan dalam kehidupan sehari-hari dan meningkatkan spiritualitas.

Kegiatan keputrian tersebut diisi oleh Rr. Tatik Romdhiyati, S.Ag. salah satu staff guru di MTsN 6 Kulon Progo, dalam kajiannya menyampaikan sebuah hadits yang artinya apabila datang bulan Ramadan maka dibuka pintu-pintu surga dan ditutup pintu-pintu neraka dan dibelenggu setan-setan. Beliau menjelaskan pintu surga dibuka artinya Rahmat Allah SWT turun, kita dimudahkan meraih surga. Sedangkan pintu neraka ditutup artinya dibulan Ramadan kita akan mendapatkan seruan-seruan kebaikan seperti para pencari keburukan berhentilah dan menyeru wahai pencari kebaikan semangatlah,seruan-seruan itu ada di dalam hati kita. “Bulan puasa bulan yang penuh berkah, pahala dari amalan kita dilipat gandakan, setiap malam rahmat Allah SWT turun, menghapus dosa hambanya agar terbebas dari siksa api neraka jahanam, ayo kita semangat untuk meraihnya,” pungkas Tatik.

Kepala MTsN 6 Kulon Progo, H. Riza Faozi, S.Ag., M.S.I. mengapresiasi kegiatan keputrian tersebut, beliau mengungkapkan harapannya bahwa kegiatan ini dapat membantu siswi-siswi memahami betapa berharganya bulan Ramadan dalam kehidupan seorang muslim. “Kami berharap melalui kegiatan ini, siswi-siswi tidak hanya mendapatkan pengetahuan tentang keutamaan Ramadan, tetapi juga tergerak untuk mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari mereka,” ujar Riza.

Dengan mengangkat tema keutamaan bulan Ramadan dalam kegiatan keputrian, MTsN 6 Kulon Progo berhasil menciptakan lingkungan yang memperkokoh spiritualitas siswi-siswi serta memupuk kebanggaan akan agama Islam. Semoga kegiatan ini dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi perkembangan spiritual dan moral siswi-siswi. (nhc/don)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *