Penjaringan Bibit Unggul: MTsN 6 Kulon Progo Adakan Seleksi Calon Siswa Baru

Kulon Progo (MTsN 6 KP) – MTsN 6 Kulon Progo kembali menggelar seleksi calon siswa baru dalam rangka mencari bibit unggul untuk bergabung di lembaga pendidikan tersebut, Sabtu (23/03/2024). Seleksi ini dilakukan untuk memastikan bahwa siswa-siswa berpotensi terbaik yang diterima di madrasah melalui jalur prestasi terpadu, sekaligus mempertahankan standar akademik yang tinggi MTsN 6 Kulon Progo. Hal ini disampaikan oleh kepala MTsN 6 Kulon Progo, H. Riza Faozi, S. Ag., M.S.I disela-sela monitoring seleksi.

Riza menjelaskan bahwa proses seleksi calon siswa baru melalui jalur prestasi terpadu ini diikuti oleh 127 siswa yang berasal dari berbagai wilayah di kapanewon Galur, Lendah, Panjatan, Srandakan dan sekitarnya. Para peserta mengikuti serangkaian tes yang meliputi tes tulis, wawancara, baca Al-Qur’an dan penilaian prestasi serta potensi lainnya. Tes tersebut dirancang untuk mengidentifikasi bakat, minat, dan kemampuan akademik yang dimiliki oleh para siswa.

Riza menambahkan bahwa proses ini sangat mendukung strategi yang dilakukan panitia penerimaan peserta didik baru (PPDB). “Kami selalu berkomitmen untuk memberikan pendidikan berkualitas dan mencetak generasi yang unggul. Oleh karena itu, seleksi calon siswa baru ini menjadi salah satu langkah penting untuk memilih siswa-siswa yang memiliki potensi dan komitmen yang tinggi dalam mengembangkan diri mereka,” ujar Riza.

Selain itu, MTsN 6 Kulon Progo ini juga memberikan kesempatan bagi siswa yang memiliki potensi namun terkendala secara finansial. Program afirmasi dan bantuan lainnya disediakan untuk memastikan bahwa semua siswa memiliki kesempatan yang sama dalam mendapatkan pendidikan yang berkualitas.

Dikesempatan yang sama Ani Romadhoni, S.Pd. selaku ketua panitia PPDB, menjelaskan bahwaseleksi tulis dan wawancara bertujuan untuk memverifikasi kamampuan calon siswa. “Dengan diadakannya seleksi ini bertujuan mengklarifikasi atas bukti prestasi dari berkas yang sudah dikumpulkan. Semoga seleksi ini bisa menjaring calon siswa yang benar-benar berprestasi sehingga dapat melejitkan nama madrasah,” papar Ani.

Para orangtua siswa pun memberikan dukungan penuh terhadap proses seleksi ini. Mereka menyadari pentingnya peran sekolah dalam membentuk karakter dan masa depan anak-anak mereka.”Kami sangat mengapresiasi upaya madrasah dalam melakukan seleksi ketat seperti ini. Kami percaya bahwa melalui proses seleksi ini, akan muncul generasi penerus yang memiliki potensi dan dedikasi tinggi untuk meraih kesuksesan di masa depan,” ujar Harjono, salah satu orangtua siswa peserta seleksi. (nhc/don)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *