Siswa MAN 3 Kulon Progo Jadi Penceramah Tarawih Masjid As-Salam Kalibawang

Kulon Progo (MAN 3 KP) – Azka Khoir Wibowo, siswa Kelas 10 Keterampilan MAN 3 Kulon Progo menjadi penceramah Salat Tarawih di Masjid As Salam Dusun Kagongan Banjararum Kalibawang, Ahad (24/03/2024) malam.

Dalam ceramah singkat tersebut, siswa yang karib dipanggil Azka itu mengemukakan tentang bahaya ghibah. Menurutnya, membicarakan keburukan atau orang lain adalah perbuatan dosa yang bisa mengurangi pahala berpuasa.

“Mengacu pada Surah Al Hujurat ayat 12, ghibah itu salah satu perbuatan yang sangat buruk di agama Islam, selain itu ada juga suudzon dimana antar keduanya sama-sama berbahaya,” jelas Azka.

Pada kesempatan itu, ia mendapat undangan dari takmir Masjid As Salam Dusun Kagongan Banjararum Kalibawang untuk menjadi imam Salat Isya-Tarawih sekaligus menjadi penceramah. Bagi Azka, menjadi khatib dan penceramah dalam sebuah acara pengajian adalah hal biasa.

Kemampuan berbicara di depan umum terlatih sejak lama. Ketika masih duduk di bangku SMP, Azka telah beberapa kali menjuarai kompetisi. Pada momen Pekan Kompetisi Madrasah (PKM) Kabupaten Kulon Progo 2023 lalu, Azka mendapatkan Juara 1 cabang Khotbah mewakili MAN 3 Kulon Progo.

“Alhamdulillah, kemampuan berbicara di depan umum saat ini semakin terwadahai,” tukas santri Panti Asuhan Sulthon Salim Kalibawang itu. (fjr/dpj)

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *