Hadiri FASI ke-12, Kakan Wahib Jamil: Wujudkan Santri Hebat

Kulon Progo (Kankemenag) – Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) Kabupaten Kulon Progo ke-12 digelar oleh Badan Koordinasi (Badko TKA/TPA) setempat. Gelaran FASI tersebut diharapkan dapat mewujudkan santri yang hebat. Kepala Kankemenag Kulon Progo, H.M. Wahib Jamil, S.Ag. M.Pd. menyampakan hal itu di sela-sela menghadiri agenda tersebut yang berlangsung di komplek SMAN 1 Lendah, Ahad (12/5/2024) pagi. “FASI ini digelar dalam rangka mewujudkan santri hebat. Baik itu hebat prestasi, mengaji, dan berakhlakul karimah. Sehingga diharapkan para santri menjadi anak-anak yang shaleh, shalehah,” ujarnya.

“Selain itu, FASI ini diaharapkan menjadi ajang silaturahmi bagi ustadz/ustadzah, santri, serta aktivis TKA/TPA se-Kulon Progo. FASI juga menjadi ajang untuk melakukan evaluasi dalam pembelajaran Al Qur’an bagi anak-anak dan ustadz/ustadzah. Sehingga diharapkan kualitas lembaga TKA/TPA dapat menjadi semakin lebih baik lagi,” imbuh Kakan.

Sementara itu Pj. Bupati Kulon Progo, Ni Made Dwipanti Indrayanti, ST. MT. dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Kabag. Kesra Setda, Drs. Agus Hidayat, M.Si. melihat perkembangan teknologi melalui media sosial saat ini. Ia berharap orang tua selalu mengawasi dan mengawal anaknya dalam menggunakan medsos. Sebab terkadang sering muncul pengaruh negatif yang sangat membahayakan bagi perkembangan anak.

“Kita tidak bisa melarang perkembangan teknologi tersebut, namun disikapi arif dan bijakasana dengan selalu mengingatkan dan mengawasi serta mengarahkan anak untuk selalu berbuat baik sesuai dengan tuntunan agama,” katanya.

“Oleh karena itu, melalui kegiatan Festival Anak Shaleh ini, paling tidak dapat meredam dan mencegah perilaku anak kepada perbuatan yang dilarang Allah SWT. Harapannya, kita latih anak-anak sejak usia dini untuk selalu istiqomah dalam menjalankan perintah Allah SWT, dengan membiasakan diri melakukan kegiatan yang semakin meningkatkan kualitas ibadah dan keimanan,” imbuhnya.

Disampaikan Ketua Umum Badko TKA/TPA Kabupaten Kulon Progo, Burhani Arwin bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menyiapkan generasi Islam yang kuat, takwa, dan mempunyai kreativitas dan tanggung jawab; serta syiar Islam. “Kegiatan diikuti 655 santri yang meliputi, 214 Taman Kanak-kanak Alquran (TKA), 230 Taman Pendidikan Alquran (TPA), serta 211 Ta’limul Quran lil Aulad (TQA), dengan 34 jenis lomba, masing-masing 12 TKA, 10 TPA, dan 12 TQA. Juaranya adalah juara 1 Galur, juara 2 Lendah, juara 3 Wates, kemudian disusul Sentolo, Temon, Pengasih, Nanggulan, Samigaluh, Girimulyo, Panjatan, Kalibawang, dan Kokap,” papar Burhani.

Hadir dalam FASI ini Kapolres, Dandim, Kepala Kemenag, Baznas, Kepala SMAN 1 Lendah, Pengurus Badko DIY, Kapanewon, serta lainnya. (wid/abi).

#KementerianSemuaAgama

#MakinDigitalMenjangkauUmat

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *