Perbhara MAN 2 Kulon Progo Hari Pertama: Semarak Malam Budaya

Sleman (MAN 2 KP) – Semarak Malam Budaya menjadi penutup kegiatan hari pertama Perkemahan Bhakti Karya Pramuka (Perbhara) MAN 2 Kulon Progo 2024 yang dilaksanakan di Jaka Garong Camp Ground dan Outbond di Jalan Turi Pakem Garongan Wonokerto Turi Sleman pada Kamis, (02/05/2024). Sebanyak 26 penampilan berupa seni tari dan drama singkat dari berbagai daerah nusantara ditampilkan yang dalam acara tersebut mampu memukau.

Gendro Astuti, S.Pd, Ketua Panitia Perbhara 2024, menyampaikan bahwa Semarak Malam Budaya Perbhara 2024 ini sengaja bertajuk Drama dan Tarian Nusantara. Para duta kelompok-kelompok pesera harus menampilkan kemampuannya membawakan drama, tarian asli atau tari kreasi baru berwarna kedaerahan Indonesia. Tujuan pentas seni adalah agar para peserta Perbhara 2024 mengenal, mengetahui, dan membawakan cerita dan tarian yang ada di Indonesia. “Dengan Semarak Malam Budaya ini, para peserta diharapkan mengenal, mengetahui, mempu membawakan drama dari cerita dan tarian nusantara, serta memahami isi dan nilai filosofis cerita atau tarian yang dibawakannya,” ungkapnya.

Salah satu anggota dewan juri, dan guru Pembina, dan juga guru pengampu matapelaran Seni dan Budaya MAN 2 Kulon Progo, Siamri, S.Sn, mengungkapkan hampir tarian semua provinsi di Indonesia terwakili dalam Semarak Malam Budaya tersebut. Ia juga memberikan apresiasi kepada para peserta karena mereka juga cukup kreatif dalam menkreasi tari baru bernuansa tradisional, dalam arti tidak menggunakan iringan musik dan busana ala barat. “Alhamdulillah, ada beberapa anak dapat menciptakan tarian kreasi baru  tetapi bercirikhas tari klasik, dan tradisional. Hal cukup membanggakan,” pujinya. (sug/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *