Siswa MIN 2 Kulon Progo Peringati Hardiknas dengan Pakaian Adat

Kulon Progo (MIN2KP) – Tanggal 2 Mei merupakan hari yang sangat bersejarah bagi dunia pendidikan, karena di peringati sebagai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Kebetulan bersamaan dengan ujian madrasah kelas enam. Sehingga upacara diikuti oleh siswa kelas satu sampai kelas lima, sebagian guru dan karyawan MIN 2 Kulon Progo di halaman setempat. Hal itu disampaikan Guru MIN 2 Kulon Progo, Saswita, S.Pd.I. di madrasah setempat, Kamis (2/5/2024) pagi.

“Saya senang karena pelaksanaan upacara hari pendidikan nasional menggunakan pakaian adat Yogyakarta untuk siswa. Sedangkan guru dan karyawan memakai pakaian KORPRI dan hitam putih sebagai bentuk keberagaman. Perbedaan pakaian tidak menjadikan suatu penghalang untuk bersatu padu dalam melaksanakan upacara dengan hikmad. Harapannya semoga dengan memakai pakaian  adat, siswa lebih mencintai budaya yang ada,” papar Saswita.

“Pendidikan salah satu cara untuk mengatasi kebodohan dan kemunduran. Dengan belajar di madrasah maka akan mengetahui luasnya dunia. Berbagai hal dapat diperoleh dengan pendidikan. Pendidikan sangat berdampak pada perkembangan masa depan siswa. Semoga siswa lebih semangat untuk terus belajar di mana saja,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala MIN 2 Kulon Progo, Hartati, S.Pd.I. M.Pd. merasa senang karena upacara berjalan dengan lancar. “Alhamdulillah upacara di MIN 2 Kulon Progo berjalan dengan lancar. Meskipun ada siswa yang tidak masuk karena sakit. Selain itu memang bersamaan dengan kegiatan kelas enam ujian madrasah. Upacara kali ini, siswa menggunakan pakaian adat Yogyakarta. Meskipun beberapa siswa kurang lengkap atribut pakaian adatnya. Semoga ke depannya mereka bisa melengkapi pakaian adat dengan tertib,” ujar Hartati. (dan/abi).

#KementerianSemuaAgama
#MakinDigitalMenjangkauUmat

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *