Gebyar Idul Adha 1445 Hijriah di MIN 1 Kulon Progo

Kulon Progo (MIN1KP) – Iduladha atau hari raya kurban untuk memperingati di mana Nabi Ibrahim As bersedia mengorbankan putranya Isma’il. Hal itu sebagai wujud kepatuhan terhadap Allah SWT. Pada Hari Raya Iduladha ini semua siswa MIN 1 Kulon Progo melaksanakan kegiatan keagamaan berupa latihan kurban. Bertempat di MIN 1 Kulon Progo kegiatan latihan kurban dilaksanakan Rabu (19/6/2024).

Kepala MIN 1 Kulon Progo, Kasmad Rifangi, M.Pd.I. mengungkapkan adanya latihan kurban di madrasah. “Kegiatan latihan kurban rutin tiap tahun ini dilaksanakan sepenuhnya dari siswa, oleh siswa, dan untuk siswa. Melalui tabungan semua siswa dan GTK yang dikoordinir terkumpul dana yang bisa untuk melaksanakan latihan kurban di MIN 1 Kulon Progo,” ungkapnya.

Tujuan dari kegiatan kurban ini selain meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT. Hal ini juga sebagai ajang latihan bagi siswa tentang penyembelihan hewan kurban. Karena pada saatnya kelak mereka akan terjun di masyarakat.

Lebih lanjut Kasmad menjelaskan tentang pendistribusian daging kurban. “Daging kurban yang tersedia semuanya diolah dan kemudian diadakan makan bersama untuk siswa. Sasaran utama pembagian daging kurban yang telah diolah ini adalah siswa dan juga warga sekitar madrasah. Dengan pelaksanaan latihan kurban di madrasah ini diharapkan dapat meningkatkan rasa kebersamaan dan kekompakan bagi semua warga madrasah,” pungkasnya. (cha/abi).
#KementerianSemuaAgama
#MakinDigitalMenjangkauUmat

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *