Guru MIN 1 Kulon Progo Ikuti Pelatihan Penggerak Penguatan Moderasi Beragama

Kulon Progo (MIN1KP) – MIN 1 Kulon Progo mengirimkan dua guru untuk mengikuti Pelatihan Penggerak Penguatan Moderasi Beragama. Adapun dua guru yang dikirim tersebut adalah Guru Fiqih, Barokatus Sholihah, S.H.I. dan Guru Bahasa Arab, Moh Mushoddiq, S.Pd.I. Pelatihan yang berlangsung selama 6 hari mulai Senin–Sabtu (10-15/6/2024) ini dilaksanakan di Kankemenag Kabupaten Kulon Progo.

Di sela-sela kegiatannya dalam pelatihan Barokatus Sholihah, S.H.I. mengungkapkan tentang keberhasilan moderasi beragama. “Keberhasilan moderasi beragama diukur melalui empat indikator. Yaitu Komitmen kebangsaan (PBNU: Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI, dan UUD 1945); Anti kekerasan; Sikap toleransi; dan Adaptif terhadap kebudayaan lokal,” ujarnya.

“Adapun sembilan kata kunci moderasi beragama di antaranya yaitu martabat kemanusiaan; kemaslahatan umum; berimbang; komitmen kebangsaan; taat konstitusi; adil; penghormatan terhadap budaya dan tradisi; anti kekerasan; toleransi,” ungkapnya.

Kepala MIN 1 Kulon Progo, Kasmad Rifangi, M.Pd.I. menyambut baik pelaksanaan pelatihan penggerak penguatan moderasi beragama. “Dengan mengikuti pelatihan penggerak penguatan moderasi beragama diharapkan nantinya guru yang dikirim bisa mengimbaskan kepada guru-guru lain. Selain itu juga guru-guru bisa bersikap lebih moderat dalam beragama,” tandas Kasmad. (cha/abi).

#KementerianSemuaAgama

#MakinDigitalMenjangkauUmat

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *