Kanwil Pantau Langsung AKGTK di MTsN 6 Kulon Progo

Kulon Progo (MTsN6KP) – Dalam rangka memastikan kualitas pendidikan dan kegiatan belajar mengajar, Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta melakukan pemantauan langsung terhadap pelaksanaan Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan (AKGTK) di MTsN 6 Kulon Progo, Senin (24/06/2024) pagi. Pemantauan ini merupakan bagian dari upaya peningkatan mutu pendidikan di tingkat madrasah.

Kanwil Kemenag DIY, diwakili Jauhar Mukhlis Salistyana, S. Ag. bersama tim, hadir di MTsN 6 Kulon Progo untuk melihat secara langsung proses AKGTK yang sedang berlangsung. Dalam kunjungannya, Jauhar Mukhlis Salistyana menyampaikan pentingnya asesmen ini sebagai alat ukur kemampuan dan kompetensi para guru dan tenaga kependidikan dalam memberikan layanan pendidikan yang berkualitas.

“AKGTK ini merupakan langkah strategis untuk meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah. Dengan adanya asesmen ini, kita dapat mengetahui sejauh mana kompetensi guru dan tenaga kependidikan dalam melaksanakan tugasnya. Hasil dari asesmen ini akan menjadi dasar dalam menyusun program peningkatan kapasitas dan kualitas SDM di madrasah,” papar Jauhar.

Kegiatan pemantauan tersebut juga dihadiri oleh Kepala MTsN 6 Kulon Progo, H. Riza Faozi, S. Ag., M.S.I. yang menyambut baik kehadiran tim Kanwil Kemenag DIY. “Kami sangat berterima kasih atas perhatian dan dukungan dari Kanwil Kemenag DIY. Dengan adanya pemantauan langsung ini, kami berharap dapat terus meningkatkan kualitas pendidikan di MTsN 6 Kulon Progo dan memberikan yang terbaik bagi para siswa,” ujar Riza.

AKGTK di MTsN 6 Kulon Progo berlangsung Senin-Selasa, 24-25/06 dan diikuti oleh 37 peserta yang merupakan guru madrasah. Proses pelaksanaan AKGTK untuk hari pertama sesi 1 sedikit terjadi kendala teknis dari pusat tetapi untuk sesi 2 dan hari kedua berjalan lancar dengan partisipasi aktif dari peserta AKGTK yang berasal dari beberapa madrasah. Mereka mengikuti asesmen dengan serius dan penuh tanggung jawab. Hasil asesmen ini nantinya akan dianalisis dan dijadikan acuan untuk penyusunan program pengembangan profesional bagi guru dan tenaga kependidikan di lingkungan madrasah.

“Pemantauan langsung oleh Kanwil Kemenag DIY ini diharapkan dapat memberikan motivasi bagi seluruh guru dan tenaga kependidikan di MTsN 6 Kulon Progo untuk terus meningkatkan kompetensinya dalam rangka mewujudkan pendidikan yang berkualitas dan berdaya saing tinggi,” pungkas Riza. (nhc/don)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *