Kasi Dikmad Kankemenag Kulon Progo Apresiasi MAN 3 KP Kerjasama dengan Lembaga Pendidikan Non Formal

Kulon Progo (MAN 3 KP) – Membangun citra positif Madrasah itu penting, antara lain dengan bekerjasama dengan berbagai pihak. Kerja sama itupun harus saling menguntungkan. Namun yang patut diperhatikan dari kolaborasi itu harus mengacu pada kebutuhan masyarakat.

Demikian disampaikan Kasi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kulon Progo, Muhammad Dwi Putranto,S.Pd.,M.M. dalam sambutannya pada Rapat Kerja MAN 3 Kulon Progo, Selasa (25/06/2024) lalu di RM Progosari, Muntilan. Menurutnya, dengan merujuk pada kebutuhan masyarakat, niscaya kemajuan sebuah Madrasah bakal diraih.

“Kolaborasi itu antara lain berorientasi untuk mengejar prestasi dan membangun identitas Madrasah,” kata Dwi Putranto. Akan tetapi dirinya mengingatkan, meski kerjasama itu penting tetapi juga harus punya sumber daya yang mendukung. “Sumber daya itu berupa anggaran keuangan yang memadai, Sebab tanpa hal itu, program-program Madrasah sulit terealisasi,” imbuhnya.

Di dalam acara kegiatan tersebut, Dwi Putranto juga turut menyaksikan penandatanganan kerjasama antara MAN 3 Kulon Progo dengan Ponpes An Najwa Ngluwar Kabupaten Magelang dan Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) Gerakan Pemuda Anshor Kulon Progo. Selain dirinya, juga dihadiri oleh Kepala Bidang  Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag DIY H.Abd.Suud,S.Ag.,M.S.I , Pengawas Madrasah Hj.Kalimah,M.Pd, serta Ketua Komite MAN 3 Kulon Progo Sujiyo.

Sementara itu Kepala MAN 3 Kulon Progo, Syaefulani,S.Ag.,M.Pd menjelaskan, kesepakatan bersama antara BLKK GP Anshor Kulon Progo dengan Ponpes An Najwa tersebut merupakan upaya meningkatkan mutu layanan kepada masyarakat.

“Layanan itu nanti dalam bentuk program-program di Madrasah, antara lain dengan BLKK GP Anshor Kulon Progo pelatihan multimedia, sedangkan Ponpes An Najwa peningkatan kemampuan menghafal Al Qur’an (Tahfidz),” jelas Syaefulani. (fjr/dpj)

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *