Kolaborasi KUA dan Puskesmas Pengasih 1 Berikan Pemahaman Peran Orangtua dalam Pendidikan Anak

Kulon Progo (KUA Pengasih) – Bertempat Gedung SMPN 1 Pengasih, sebanyak 32 orangtua siswa dari 7 kelas, dihadirkan dalam rangka membangun kebersamaan, serta  pandangan orangtua dan anak sebagai lanjutan dalam program sinergitas lintas sektoral Bimbingan Remaja Usia Sekolah (BRUS) KUA Pengasih dan  Madrasah Anak Remaja Berdaya Puskesmas Pengasih 1 (MANJADA), Jumat (21/06/2024) pagi.

“Program BRUS tidak hanya diberikan kepada siswa sekolah tetapi juga kepada orangtua siswa nya,” demikian disampaikan oleh Kepala KUA Pengasih, Yusma Alam Rangga H, S.H.I, M.S.I, sebagai pembicara pertama dari KUA Pengasih, saat memberi materi yaitu peran orangtua dalam pendidikan anak.

“Orangtua tetap menjadi publik figur bagi anaknya, bukan hanya pasrah pada sekolah dalam hal pendidikan anak,” ungkap Rangga.

“Orangtua hendaknya  dapat berperan menjadi teman, mau mendengarkan curahan hati anaknya, sehingga harus mampu membagi waktu untuk memberikan perhatian bagi perkembangan putra putrinya serta tetap memperhatikan perkembangan spiritual anak. Dan yang perlu diperhatikan orangtua adalah bahayanya resiko pergaulan bebas serta maraknya judi online dan pengaruh Narkoba di masyarakat,” pungkasnya.

Sedangkan Lilik Wuryani, A.Md.Keb bidan Puskesmas Pengasih 1 turut menyampaikan materi kedua tentang Kesehatan Reproduksi Remaja. “Masa remaja merupakan masa transisi dari anak ke dewasa yang sering diwarnai dengan perilaku berisiko. Perilaku berisiko adalah bentuk perilaku yang dapat membahayakan kesehatan dan kesejahteraan (well being) remaja,”, jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Sri Harini S.Pd M.Pd, Kepala SMPN 1 pengasih memberikan apresiasi dan menyambut gembira adanya kegiatan program ini. “Saya sangat mendukung dikumpulkannya orangtua/wali murid khususnya wali dari siswa yang butuh atensi khusus dan saya berharap kegiatan yang sangat bagus ini dapat berlanjut,” pungkasnya. (gus/dpj)

1 reply
  1. M. Qomaruzzaman
    M. Qomaruzzaman says:

    Hebat KUA Pengasih, meningkatkan DAYA SALING – Kolaboratif untuk merespon permasalahan yang muncul di Masyarakat /Sekolah.

    Balas

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *