MandaKu Madrasah Adiwiyata Nasional, Kirab Adipura Hari Lingkungan Hidup Kabupaten Kulon Progo

Kulon Progo (MAN 2 KP) – MAN 2 Kulon Progo bersama dengan Sekolah/Madrasah Adiwiyata lainnya di Kulon Progo diundang oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kulon Progo untuk mengikuti Kirab Adipura dalam rangka memeriahkan Hari Lingkungan Hidup Tingkat Kabupaten Kulon Progo tahun 2024. Acara ini dilaksanakan pada hari Selasa, (25/06/2024) pagi.

Kirab Adipura diawali dengan piala Adipura yang diterima Kabupaten Kulon Progo sebagai pembuka. Kirab dimulai dari Kantor Dinas Lingkungan Hidup menuju halaman Kantor Pemda atau Gedung Kaca Kantor Bupati Kulon Progo. Semaraknya acara ini semakin terasa dengan partisipasi 10 sekolah/madrasah Adiwiyata, Pasukan Kuning Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Pemukiman, para pegawai Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kulon Progo, serta kelompok kesenian Gejrotan dan Gedruk dari desa wisata Banjaroya Kalibawang.

MAN 2 Kulon Progo, sebagai salah satu Sekolah/Madrasah Adiwiyata Nasional, turut bangga berpartisipasi dalam Kirab Adipura ini. Kontingen MAN 2 Kulon Progo terdiri dari 4 siswa dan 3 pendamping, dipimpin oleh Kepala Madrasah, Hartiningsih, M.Pd.

“Kami sangat bersyukur atas kesempatan ini untuk dapat berpartisipasi dalam Kirab Adipura. Ini merupakan bukti komitmen MAN 2 Kulon Progo dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup,” ujar Hartiningsih.

Hartiningsih menambahkan bahwa MAN 2 Kulon Progo akan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas program Adiwiyata di madrasah, sehingga dapat memberikan manfaat bagi lingkungan dan masyarakat sekitar.

Selain Hartiningsih, Koordinator Adiwiyata MAN 2 Kulon Progo, Dra. Amir Ma’ruf, MA., juga turut menyampaikan rasa bangganya atas partisipasi sekolah dalam Kirab Adipura.

“Ini event yang luar biasa bagi MAN 2 Kulon Progo. Kami harap partisipasi ini dapat memotivasi siswa dan seluruh civitas akademika untuk semakin peduli terhadap lingkungan hidup,” tutur Amir.

Setelah Kirab Adipura, dilanjutkan dengan Resepsi Peringatan Hari Lingkungan Hidup Tingkat Kabupaten Kulon Progo tahun 2024 di Aula Gedung Kaca Pemerintah Kabupaten Sleman. MAN 2 Kulon Progo turut memeriahkan acara dengan membuka stand yang memamerkan berbagai prestasi dan kegiatan Adiwiyata madrasah.

Stand MAN 2 Kulon Progo menarik perhatian banyak pengunjung, termasuk PJ Bupati Kulon Progo, Kepala Kantor Kemenag Kulon Progo, dan tamu undangan lainnya. Di stand tersebut, dipamerkan Piagam Adiwiyata Nasional, beberapa busana yang terbuat dari sampah (yang pernah mengantarkan MAN 2 Kulon Progo meraih juara nasional), produk-produk kegiatan Adiwiyata seperti kompos, dan merchandise.

Partisipasi MAN 2 Kulon Progo dalam Kirab Adipura dan Resepsi Peringatan Hari Lingkungan Hidup Tingkat Kabupaten Kulon Progo tahun 2024 ini merupakan wujud nyata komitmen madrasah dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup. Diharapkan dengan kegiatan ini, dapat meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya para generasi muda, untuk turut berkontribusi dalam menjaga kelestarian lingkungan. (gia/dpj)

2 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *