MTsN 1 Kulon Progo Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Kulon Progo (MTsN1KP) – MTsN 1 Kulon Progo melaksanakan Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila pada Sabtu (1/6/2024) pagi di madrasah setempat. Peringatan dengan tema Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045 ini diikuti dengan khidmat oleh seluruh peserta. Bertindak selaku Pembina upacara adalah Kepala Madrasah, Zainuri, M.S.I. Dalam amanatnya, Pembina upacara menyampaikan sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, Yudian Wahyudi.

“Keberadaan Pancasila memuat lima dasar penting untuk menjalani kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara di Indonesia. Nilai-nilai dalam Pancasila bahkan menjadi solusi bagi setiap permasalahan bangsa. Tema kali ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan bangsa dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri, dan berdaulat,” kata Kepala Madrasah.

“Sebuah bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara. Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Di dalan Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional Bhineka Tunggal Ika,” tambah Zainuri.

Usai upacara bendera, Sukowidayati, S.Pd. salah guru PPKn menyampaikan pendapatnya. ”Menurut saya upacara Hari Lahir Pancasila sangat penting dilaksanakan. Sebab untuk mengingat Pancasila sebagai pedoman hidup dan melaksanakan tugas maupun kewajiban sebagai warga Indonesia yang baik di manapun berada. Selain itu, mengingat bahwa penerapan nilai-nilai Pancasila juga bisa menjaga NKRI dari berbagai tantangan zaman terlebih di tengah krisis global ini,” ujar Suko.
(swd/ela/don)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *