Tingkatkan Keberanian dan Kerjasama, MI Muhammadiyah Selo Gelar Outbond

Kulon Progo (MISEL) – MI Muhammadiyah  Selo menyelenggarakan Outbond.  Outbond  dilaksanakan Kamis (13/6/2024) di Tinalah, Purwoharjo, Samigaluh. Kegiatan ini diikuti siswa dan guru MI Muhammadiyah Selo. Peserta outbond berangkat menggunakan 2 bus medium, dengan  titik kumpul keberangkatan di halaman madrasah setempat.

Outbond  merupakan kegiatan yang dilakukan di luar ruangan atau alam terbuka yang menantang keberanian peserta. Tujuannya untuk meningkatkan kerjasama tim, motivasi, komunikasi, dan kemampuan problem solving. Selain itu juga untuk meningkatkan kinerja individu dan kelompok.

Outbond bisa dijadikan alternatif pembelajaran out door. Yakni guna mengurangi kebosanan belajar siswa. Banyak hal yang dapat dipetik dari kegiatan tersebut. Siswa dapat melatih konsentrasi, keberanian, dan kerjasama. Outbond juga mampu meningkatkan keimanan kepada Allah SWT. Sepanjang perjalanan, siswa dapat melihat betapa indahnya alam ciptaan-Nya.

Sampai di lokasi, peserta diberikan penjelasan skenario outbond. Kegiatan dilanjut dengan permainan-permainan di lapangan. Ada latihan konsentrasi Individu, lomba memasukkan bola beregu, kereta mini, dan keseimbangan. Siswa sangat gembira dengan permainan tersebut.

Selesai permainan tersebut, peserta diajak bermain tubing di perairan setempat dengan mengendarai mobil pick up. Dengan baju pengaman, peserta menaiki  beberapa ban apung yang diikat jadi satu, menelusuri sungai. Selesai tubing, peserta kembali ke markas untuk mandi, ganti baju, shalat dhuhur, dan makan siang. Kemudian kembali ke madrasah.

Kepala Madrasah, Supilah, S.Pd.I. M.Pd. mengatakan bahwa kegiatan outbond merupakan program madrasah. “Oudbond merupakan program tahunan madrasah. Tujuannya memberikan penyegaran siswa agar tidak jenuh belajar. Outbond juga mampu melatih konsentrasi, keberanian, dan kerjasama,” ujar Supilah.

Ketua penyelenggara, Tri Dayanto, S.Pd.I. sangat bersyukur kegiatan berjalan lancar. “Alhamdulillah, kegiatan outbond berjalan lancar. Semua selamat, tidak ada kendala. Baik ketika outbond maupun perjalanan pulang pergi,” ungkapnya.

Siswi MI Muhammadiyah Selo, Salwa merasa senang mengikuti kegiatan tesebut. “Saya senang sekali dapat mengikuti outbond tahun ini,” tuturnya. (hnk/abi).

#KementerianSemuaAgama

#MakinDigitalMenjangkauUmat

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *