Tingkatkan Pemahaman dan Cegah Stunting, KUA Temon Selenggarakan Bimwin Mandiri

Kulon Progo (KUA Temon) – KUA Temon menyelenggarakan Bimbingan Perkawinan (Bimwin) Mandiri bagi 7 pasang calon pengantin pada Rabu, (19/06/2024) pagi, dan berlangsung di Balai Nikah dan Manasik Haji KUA setempat dengan  narasumber yang kompeten di bidangnya, yaitu: Penyuluh Agama Islam  Sumi Hadianah,S.Ag.,  Diana A. Md. Keb.( Puskesmas Temon 1), dan Drs Andang Muryanto (PLKB).

Kepala KUA Temon, Marqum Muh Zumarodin,S.Pd.I, dalam Sambutannya menyampaikan ucapan  selamat datang dan terima kasih atas kehadiran kepada para calon manten di lingkup  Kapanewon Temon dan berharap agar para calon pengantin dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius dan seksama, sehingga bekal ilmu pengetahuan yang diperoleh dapat diterapkan dalam membangun rumah tangga yang harmonis dan bahagia.

“Bimbingan perkawinan ini sangat penting bagi para calon pengantin untuk memahami hak dan kewajiban dalam berumah tangga. Kegiatan  Bimwin ini diselenggarakan dalam rangka menindak lanjuti Surat Edaran Menteri Agama no 2 Tahun 2024 tentang penurunan stunting serta  ikut menyukseskan kegiatan intervensi serentak cegah stunting di bulan Juni ini,” imbuh Marqum.

Sedangkan untuk materi Bimwin di KUA Temon meliputi berbagai hal, antara lain terkait pernikahan, seperti: Mempersiapkan Keluarga Sakinah, Mengelola Psikologi dan Dinamika Keluarga serta Memenuhi Kebutuhan Keluarga hingga Kesehatan Reproduksi dan Pencegahan Stunting.

Salah satu pasangan peserta, Widia Kurniati catin dari Girigondo, Kaligintung, Temon, mengaku sangat terkesan dengan kegiatan ini. “Bimbingan ini sangat bermanfaat bagi saya dan pasangan untuk mempersiapkan diri sebelum menikah,” ujar Widiya Kurniyati calon isteri Satrio Teddy Bintono yang akan menikah hari Senin,1 Juli 2024 mendatang. “Saya mendapatkan banyak bekal ilmu dan pengetahuan baru tentang pernikahan dan kesehatan, yang Insya Allah akan saya terapkan dalam membangun rumah tangga yang bahagia.”imbuh catin yang akan jadi ibu bhayangkari kelak.

Para calon pengantin tampak antusias mengikuti kegiatan Bimbingan Perkawinan Mandiri ini. Mereka aktif mengikuti sesi tanya jawab dan diskusi dengan para narasumber.(zul/dpj)

1 reply
  1. M. Qomaruzzaman
    M. Qomaruzzaman says:

    Terima kasih KUA, Penghulu dan Penyuluh Agama Islam , dalam PENCEGAHAN STUNTING melalui BINWIN mendukung 4 prioritas Pemerintah RI, sesuai dengan SE Menteri Agama No. 2 Tahun 2024 yaitu :
    1. Penurunan Stunting
    2. Penurunan Kemiskinan
    3. Peningkatan Ekonomi Ummat
    4. Pelestarian lingkungan
    Teruslah memberi manfaat kepada Masyarakat dan meningkatkan DAYA SALING / KOLABORASI

    Balas

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *