Guru MIN 1 Kulon Progo Ikuti Workshop MPLS

Kulon Progo (MIN1KP) – Menyambut tahun pelajaran baru 2024/2025 guru kelas 1 MIN 1 Kulon Progo, Nur Rohmah, S.Pd.I. mengikuti Workshop Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). MPLS merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh sekolah pada saat awal tahun ajaran baru.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan lingkungan sekolah kepada siswa dan membantu siswa beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Bertempat di SD Negeri Kalisari, Workshop MPLS dilaksanakan Jum’at (28/6/2024).

Narasumber, Nurul Utami, S.Pd. M.Pd. menjelaskan bahwa MPLS transisi PAUD – SD/MI harus dilaksanakan secara menyenangkan. “Pendidikan di Indonesia perlu mengakhiri miskonsepsi tentang pembelajaran dari sekarang. Sehingga transisi PAUD ke SD/MI dapat berjalan dengan lancar. Miskonsepsi tersebut antara lain adalah kemampuan calistung dianggap sebagai satu satunya bukti keberhasilan belajar dan dibangun secara instan,” ujar Nurul.

“Tes calistung masih diterapkan sebagai syarat masuk SD/MI. Kemampuan yang dibangun pada anak di PAUD sangat berfokus pada calistung. Untuk itu proses belajar mengajar di PAUD ke SD/MI kelas awal harus selaras dan berkesinambungan. Kami mengimbau agar dalam proses MPLS dilaksanakan secara menyenangkan agar siswa baru merasa nyaman dan siap untuk belajar,” jelasnya.

Sementara itu guru kelas 1 MIN 1 Kulon Progo, Nur Rohmah, S.Pd.I. mengaku senang bisa mengikuti Workshop MPLS. “Saya senang bisa mengikuti kegiatan ini. Banyak hal dan pengalaman yang saya dapatkan melalui kegiatan ini. Hal ini sebagai bekal untuk melaksanakan kegiatan MPLS di tahun ajaran baru nantinya,” ungkap Rohmah.

Kepala MIN 1 Kulon Progo, Kasmad Rifangi, M.Pd.I. menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini. “Saya mengapresiasi kegiatan workshop MPLS ini. Kegiatan ini bisa menambah pengetahuan dan pengalaman khususnya bagi guru kelas 1 yang nantinya akan melaksanakan kegiatan MPLS. Sehingga bisa dijadikan sebagai salah satu referensi dalam pelaksanaannya,” ungkap Kasmad. (nrh/cha/abi).

#KementerianSemuaAgama
#MakinDigitalMenjangkauUmat

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *