Hari Pertama MIN 2 Kulon Progo Laksanakan Uji Validasi AKMI

Kulon Progo (MIN2KP) – Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) merupakan asesmen yang dilaksanakan pada siswa madrasah. Fungsinya sebagai metode penilaian yang komprehensif serta sarana untuk mendiagnosa kelebihan dan kekurangan siswa. Yakni pada literasi membaca, numerasi, sains, dan sosial budaya, serta survei karakter.

AKMI dilaksanakan oleh siswa kelas lima yang berjumlah 30 anak di ruang kelas MIN 2 Kulon Progo. Hal itu disampaikan Kepala MIN 2 Kulon Progo, Hartati, S.Pd.I. M.Pd., Senin (22/7/2024) siang.

“Validasi untuk menunjukkan tingkat kevalidan dari instrumen. Sehingga instrumen tersebut dianggap valid apabila sanggup atau mampu mengukur apa yang dimaksud. Sebenarnya untuk AKMI yang sesungguhnya akan dilaksanakan sekitar bulan Oktober mendatang. Namun perlu diadakan uji validasi supaya siswa dalam memasukkan data tidak keliru. Selain itu siswa terbiasa latihan menggunakan laptop dan mengecek server supaya ketika pelaksanaan yang sesungguhnya akan lebih lancar,” ungkap Hartati.

“Untuk latihan dibagi menjadi dua shif. Peserta lima belas anak tiap sesi. Komputer berasal dari milik madrasah dari guru, serta beberapa siswa. Pada hari pertama ini Literasi Numerasi. Semoga sampai pelaksanaan nanti siswa diberi kemudahan dan kelancaran. Sehingga mendapatkan hasil yang baik,” lanjut Hartati.

Operator MIN 2 Kulon Progo, Siti Maimunah, A.Md. merasa senang kegiatan ini berjalan dengan lancar. “Saya senang hari pertama ini siswa lancar dalam melaksanakan latihan. Alhamdulillah tidak ada kendala dalam mengerjakan secara online meskipun beberapa siswa masih belum jelas. Namun setelah diberi pemahaman, siswa mulai paham. Semoga setelah validasi ini, siswa lebih mahir dalam menggunakan laptop,” kata Siti Maimunah. (dan/abi).
#KementerianSemuaAgama
#MakinDigitalMenjangkauUmat

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *