MAN 2 Kulon Progo Sukses Laksanakan Uji Validasi Soal AKMI 2024

Kulon Progo (MAN 2 KP) – Madrasah Aliyah Negeri 2 Kulon Progo kembali menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan mutu pendidikan. Pada Rabu dan Kamis, (24-25/07/2024), MAN 2 Kulon Progo sukses menyelenggarakan Uji Validasi Soal Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) Tahap 1 dan 2. Kegiatan ini dilaksanakan di 3 ruang komputer yang terletak di Gedung Workshop Keterampilan Kampus Pusat MAN 2 Kulon Progo, Jalan Pahlawan Panjatan.

Uji validasi ini merupakan tindak lanjut dari surat Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Nomor: 1418/PMU.MEQR/HM/VII/2024 tanggal 18 Juli 2024, perihal Koordinasi Pelaksanaan Uji Validasi Tahap I dan Uji Keterbacaan Soal AKMI 2024. AKMI merupakan program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama untuk mengukur kemampuan atau kompetensi peserta didik madrasah di seluruh Indonesia.

Tujuan utama AKMI adalah untuk memetakan kemampuan siswa, meningkatkan kualitas pendidikan, dan menyusun kebijakan pendidikan yang lebih baik di tingkat nasional maupun daerah. Data yang diperoleh dari AKMI akan menjadi bahan evaluasi untuk memperbaiki proses pembelajaran di madrasah.

Kepala MAN 2 Kulon Progo, Hartiningsih, M.Pd., menyampaikan, “Kami sangat bersyukur dapat menjadi bagian dari pelaksanaan Uji Validasi AKMI ini. Kegiatan ini sangat penting untuk memastikan kualitas soal yang akan digunakan dalam asesmen sebenarnya. Kami berharap hasil dari uji validasi ini dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi peningkatan mutu pendidikan di madrasah kami.”

Uji validasi ini merupakan langkah awal yang baik untuk meningkatkan kualitas pendidikan di MAN 2 Kulon Progo. Kami berkomitmen untuk terus berupaya memberikan yang terbaik bagi siswa-siswi kami,” tambahnya.

Kurnia Panca Dewi, M.Si., Wakil Kepala Bidang Kurikulum MAN 2 Kulon Progo menambahkan, “Uji validasi ini melibatkan beberapa guru dan tenaga kependidikan sebagai proktor dan pengawas. Mereka telah bekerja keras untuk memastikan kegiatan ini berjalan dengan lancar. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada 236 siswa, yang telah berpartisipasi dalam uji validasi ini.”  (gia/ast/dpj)

2 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *