MandaKu Gelar Upacara Hari Anak Nasional: Semangat Membangun Generasi Muda Berkarakter

Kulon Progo (MAN 2 Kulon Progo) –  MAN 2 Kulon Progo menyelenggarakan Upacara Hari Anak Nasional (HAN) di Halaman Gedung Pusat Pembelajaran Terpadu Kampus Pusat yang terletak di Jalan Pahlawan Panjatan pada hari Senin, (22/07/2024) pagi. Upacara ini diikuti oleh seluruh guru, pegawai, dan siswa kelas X dan XI dengan penuh khidmat.

Kepala MAN 2 Kulon Progo, Hartiningsih, M.Pd., bertindak sebagai pembina upacara. Petugas upacara diisi oleh para siswa peserta kegiatan ekstrakurikuler Pleton Inti, dan petugas kesehatan dari PIKR PMR.

Dalam amanatnya, Hartiningsih menyampaikan bahwa Upacara Hari Anak Nasional sangat penting untuk menyadarkan pelajar tentang hak-hak fundamental mereka, seperti hak untuk hidup, bermain, belajar, dan mendapatkan perlindungan dari segala bentuk kekerasan, eksploitasi, dan diskriminasi.

Beliau juga menyampaikan rasa bangganya atas prestasi MAN 2 Kulon Progo yang meraih penghargaan sebagai Sekolah Ramah Anak Terbaik Tingkat DIY. Penghargaan ini menjadi bukti komitmen madrasah dalam melindungi dan memberikan hak penuh kepada anak-anak.


Lebih lanjut, Hartiningsih membacakan teks pidato Gubernur DIY, Hamengkubuwono X, yang menekankan pentingnya pendidikan yang baik untuk melahirkan generasi muda yang cerdas, berkarakter, dan berbudaya.

Gubernur berpesan agar anak-anak dapat menjaga akhlak baik di rumah, di sekolah, maupun di lingkungan masyarakat. Karakter positif yang dimiliki anak-anak saat ini akan menjadi bekal untuk mewujudkan tatanan kehidupan bangsa yang lebih baik dan sejahtera.

Upacara Hari Anak Nasional di MAN 2 Kulon Progo ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran seluruh elemen madrasah tentang pentingnya melindungi hak-hak anak dan menumbuhkan generasi muda yang berkarakter dan berprestasi. Upacara ini berlangsung dengan khidmat dan lancar, penuh semangat dan motivasi untuk membangun masa depan bangsa. (gia/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *