MIN 2 Kulon Progo Terima Sosialisasi dari Direktorat KSKK Madrasah

Kulon Progo (MIN2KP) – MIN 2 Kulon Progo mendapatkan kunjungan dari tim ahli Kurikulum dan Evaluasi Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, yakni Arif Ridho, S..Sos. beserta rombongan. Selain monitoring jalannya uji validasi AKMI, juga memberikan sosialisasi kurikulum kepada guru MIN 2 Kulon Progo di madrasah setempat. Hal itu disampaikan Kepala MIN 2 Kulon Progo, Hartati, S.Pd.I., M.Pd. Selasa (23/7/2024) siang.

Dalam sosialisasinya tersebut disampaikan bahwa meskipun kurikulum selalu berubah, namun semua bisa dipelajari. “Sebaiknya guru harus terus untuk mencoba dan belajar. Perubahan kurikulum itu sesuatu yang wajar dan tidak aneh. Namun menyesuaikan kondisi jaman. Kurikulum bisa terlaksana dengan baik apabila guru dalam menyajikan kepada peserta didik juga dengan cara yang baik dan tepat,” ungkap Hartati.

“Apabila dalam kurikulum ada kekurangan, hal itu sesuatu yang wajar. Oleh karena itu perlu adanya inovasi-inovasi dari guru supaya kurikulum itu hidup dan bisa diterima dengan baik. Kurikulum disajikan pada lembaga pendidikan harus ada regulasi yang disesuaikan dengan kondisi madrasah. Juga disesuaikan dengan bakat dan minat siswa. Tidak boleh terjebak dengan adanya administrasi yang menumpuk. Yang terpenting adalah pembentukan karakter siswa yang baik,” lanjut Hartati.

Sementara itu salah satu guru MIN 2 Kulon Progo, Sudarman, S.Pd.I., M.Pd merasa senang mendapatkan sosialisasi. “Saya senang mendapatkan sosialisasi dari Kemenag Pusat. MIN 2 Kulon Progo juga sudah menerapkan sebagian apa yang disampaikan Arif Ridho. Siswa diberikan keleluasaan dalam minat dan bakat dengan mengikuti lomba. Misalkan pada IKM kemarin ataupun event yang lain. Semoga dengan lebih difokuskan lagi dalam peminatan, siswa MIN 2 Kulon Progo lebih banyak menghasilkan berprestasi,” harap Sudarman. (dan/abi).
#KementerianSemuaAgama
#MakinDigitalMenjangkauUmat

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *