Pembiasaan Pagi Siswa MIM Kenteng, Upaya Bentuk Karakter Islami

Kulon Progo (MIM Kenteng) – Pembentukan karakter Islami diperlukan proses yang bertahap dan tertib. MIM Kenteng berupaya bersama untuk menjalankan program pembiasaan pagi dengan praktik ibadah dan tadarus. Seperti yang dilaksanakan pada Kamis (25/7/2024) di madrasah setempat.

Kepala Madrasah, Rujito, S.Pd.I. M.Pd. mendukung penuh program pembiasaan yang dilaksanakan guru PAI. “Guru PAI menjadi pionir penting dalam proses pembentukan karakter Islami. Dimulai dengan hal-hal sederhana namun bernilai penting. Yaitu pembenaran gerakan dan bacaan shalat serta pembiasaan tadarus rutin,” jelas Kamad.

Guru PAI MIM Kenteng, Nur Nawangsih, S.Pd. menyampaikan kegiatan rutin setiap pagi. “Setiap pagi siswa-siswi rutin melaksanakan ibadah shalat dluha dan hafalan doa sehari-hari. Kegiatan dilanjutkan dengan tadarus bersama di setiap kelas dan ada juga yang di masjid,” ungkap Nawang.

“Tadarus pagi dan praktik ibadah ini menjadi program rutin madrasah. Tujuannya adalah supaya siswa-siswi terbiasa untuk melaksanakan ibadah sunah. Membaca Al Qur’an setiap pagi juga menambah tingkat kecerdasan otak sampai 5%. Semoga bisa terus istiqamah dalam pembiasaan pagi di madrasah,” tambah Nawang.

Siswa kelas VI, Fandy Rizkyanto mengikuti kegiatan pagi dengan semangat. “Alhamdulillah saya dan teman-teman melaksanakan shalat dluha berjamaah di masjid dan dilanjutkan tadarus bersama. Terima kasih kepada guru-guru sudah setiap hari mengajari saya mengaji,” ungkap Fandy. (ras/abi).

#KementerianSemuaAgama

#MakinDigitalMenjangkauUmat

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *